The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes, Berapa Hartanya?
Ilustrasi orang terkaya di Indonesia (Indozone/Zega)
Life

Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes, Berapa Hartanya?

Kekayaan didapatkan dari berbagai sektor

Selasa, 24 Mei 2022 11:57 WIB 24 Mei 2022, 11:57 WIB

INDOZONE.ID - Forbes Indonesia merilis segelintir orang yang termasuk dalam orang terkaya di Indonesia. Laporan ini tersedia pada laman resminya dengan judul Forbes Indonesia's 50 Richest

Sebagaimana menjadi orang terkaya, jumlah harta yang ada pada daftar ini terus diperbarui setiap sekian menit sekali mengikuti aktivitas pasar saham masing-masing saat masih buka. 

Dalam hal ini pula, seseorang yang kekayaannya terkait dengan perusahaan swasta akan selalu diperbarui kekayaan bersihnya setiap sekali sehari. Meskipun demikian, beberapa orang dalam daftar ini tidak tergusur tahtanya karena termasuk konglomerat. 

Penasaran siapa saja yang termasuk orang terkaya di Indonesia? Berikut listnya. 

1. R. Budi Hartono dan Michael Hartono 

orang terkaya di Indonesia
Budi Hartono (forbes.com)

Sejak 14 tahun silam hingga saat ini, belum ada yang bisa menggeser posisi Hartono bersaudara ini dari daftar pertama orang terkaya di Indonesia. 

Keluarga yang menjadi pendiri perusahaan rokok kretek Djarum, elektronik Polytron dan salah satu real estate ini, diketahui memiliki kekayaan sebesar $42.6 miliar US dolar atau setara dengan Rp624 triliun.

Tak hanya dari perusahaan yang didirikan, keluarga ini juga mendapat kekayaan dari investasinya di Bank Central Asia (BCA).

2. Widjaja Bersaudara 

orang terkaya di indonesia
Eka Tjipta Widjaja (forbes.com)

Widjaja family masuk dalam urutan kedua orang terkaya di Indonesia. Saat ini, Ia memiliki kekayaan sebesar $9.7 miliar US dolar atau setara dengan Rp142 triliun. Angka ini Ia dapatkan dari perusahaan Sinar Mas yang dibentuk oleh Eka Tjipta Widjaja. 

Saat ini perusahaan Sinar Mas menaungi beberapa bidang mulai dari real estate hingga telekomunikasi. 

3. Anthoni Salim 

orang terkaya di indonesia
Anthoni Salim (forbes.com)

Di urutan ketiga daftar orang terkaya di Indonesia terdapat Anthoni Salim. Ia memiliki kekayaan sebesar $8.5 miliar US dolar atau setara dengan Rp124,6 triliun rupiah. 

Anthoni Salim mengepalai Salim grup dengan investasi di berbagai bidang, seperti makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi. Salim juga diketahui sebagai CEO Indofood dengan nilai pendapatan sebesar $5.8 miliar US dolar atau setara dengan Rp84,9 triliun. 

Tak hanya itu, Ia juga diketahui memiliki saham di perusahaan investasi first pacific, yang mana terdaftar di Hoing Kong. 

4. Sri Prakash Lohia 

orang terkaya di indonesia
Sri Prakash Lohia (en.wikipedia.org)

Sri Prakash Lohia memiliki kekayaan sebesar $6.5 miliar US dolar atau setara dengan Rp95,3 trilliun. Hartanya ini Ia dapatkan dari memproduksi PET dan petrokimia, termasuk pupuk, poliolefin, bahan baku tekstil dan sarung tangan medis. Dari usaha tersebut, Ia berhasil mendapatkan kekayaan dan menjadi orang terkaya di Indonesia

5. Prajogo Pangestu 

orang terkaya di indonesia
Prajogo Pangestu  (barito-pacific.com)

Sebanyak $6,1 miliar US dolar atau setara dengan Rp89,47 trilliun Prajogo Pangestu dapatkan dari perusahaan yang Ia dirikan, yaitu Barito Pacific. 

Perusahaaan ini lalu mengakuisisi sahamnya sebesar 70 persen pada tahun 2007 dengan perusahaan petrokimia Chandra Asri, yang juga diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. 

Pada tahun 2011, Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di negara ini. Ini menjadikannya orang terkaya di Indonesia. 

6. Chairul Tanjung 

orang terkaya di indonesia
Chairul Tanjung (id.wikipedia.org)

Dengan kekayaan $5,5 miliar US dolar atau setara dengan Rp80,6 trilliun, Chairul Tanjung menjadi orang terkaya di Indonesia dengan bisnis di bidang  hypermarket dan menjalankan stasiun TV, yaitu Trans TV. 

Trans grup yang Ia dirikan ini memiliki toko kelontong dengan merek Carrefour dan Transmart. Tak hanya itu, Ia juga menjalani franchise Wendy's, Versace, Mango dan Jimmy Choo di Indonesia. 

Saat ini, Ia dan anaknya, Putri Tanjung juga menjalani perusahaan perbankan, yaitu Allo Bank melalui CT Corp. Dengan berbagai usaha tersebut, Ia menjadi orang terkaya di Indonesia. 

7. Susilo Wonowidjojo 

orang terkaya di indonesia
Susilo Wonowidjojo (member.indonesiaexpat.id)

Susilo Wonowidjojo memiliki kekayaan $4,8 miliar US dolar atau setara dengan Rp70,40 triliun. Kekayaan ini ia dapat dari perusahaan rokoknya, yaitu Gudang Garam, di mana perusahaan ini memproduksi 90 miliar batang rokok pada tahun 2019.

Susilo menjadi direktur utama perusahaan rokok ini sejak 2009 dan kerap melakukan ekspansi ke infrastruktur termasuk konstruksi dan pembangunan jalan tol pada tahun 2019. Ini menjadikannya orang terkaya di Indonesia. 

8.  Boenjamin Setiawan 

orang terkaya di indonesia
Boenjamin Setiawan (member.indonesiaexpat.id)

Dengan latar belakang di bidang farmakologi, Boenjamin Setiawan mendirikan perusahaan Kalbe Farma. Dari perusahaan yang Ia dirikan bersama lima saudara kandungnya ini, Ia mendapatkan total kekayaan sebesar $4,2 miliar US dolar atau setara dengan Rp61,60 trilliun. 

Dikarenakan perusahaan ini kian membesar, Kalbe Farma mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1991. Sejak saat itu sampai sekarang, Ia menjadi orang terkaya di Indonesia. 

9. Jogi Hendra Atmadja    

orang terkaya di indonesia
Jogi Hendra Atmadja (Forbes.com)

Jogi Hendra Atmadja adalah kepala dari perusahaan Mayora group yang memiliki kekayaan sebesar $4.1 miliar US dolar atau setara dengan Rp60,13 trilliun. Menjadi kepala Mayoga grup menjadikan Jogi orang terkaya di Indonesia. 

Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan makanan terbesar di Indonesia yang menjual kopi, sereal, permen, biskuit dan banyak lagi. Merek terkenal dari perusahaan ini antara lain Kopiko, Danisa, dan Roma.

10. Bachtiar Karim

orang terkaya di indonesia
Bachtiar Karim (id.wikipedia.org)

Bachtiar Karim menjalankan Musim Mas, yang mana merupakan sebuah perusahaan kelapa sawit dengan hasil penjualan sekitar $6,9 miliar US dolar pada tahun 2020. Sebagai orang terkaya di Indonesia, Ia memiliki total kekayaan sebesar $3,5 miliar Us dolar atau setara dengan Rp52,3 trilliun. 

Kilang minyak sawit yang dimiliki keluarga Karim ini pertama kali dibuka pada tahun 1970 dan Musim Mas resmi didirikan dua tahun setelahnya. Selain Musim Mas, Ia juga mendirikan pusat wirausaha di Universitas Sumatera Utara di Medan. 

Ia juga diketahui membeli Royal Darby Park Executive Suites seharga $117 juta US dolar dari Royal Group milik miliarder Singapura Asok Hiranandani pada Oktober 2019.

Demikian beberapa orang terkaya di Indonesia yang dapat kamu ketahui. Sejatinya, total kekayaan hingga triliunan tersebut didapakan tidak dengan mudahnya. 

Beberapa perusahaan besar tersebut terbentuk beberaps tahun lamanya hingga akhirnya menampakan kesuksesannya dan menjadikan para pendiri dan kepalanya menjadi orang terkaya di Indonesia

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US