The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kritik Foto Prewed Kaesang,  Arnold Belau: Harusnya Pakai Koteka, Sali Untuk Perempuan
Foto Prewed Kaesang Pangarep bersama calon istrinya Erina Gudono. (Instagram/Kaesang Pangarep)
Life

Kritik Foto Prewed Kaesang, Arnold Belau: Harusnya Pakai Koteka, Sali Untuk Perempuan

Sali umumnya dipakai untuk perempuan

Senin, 05 Desember 2022 20:30 WIB 05 Desember 2022, 20:30 WIB

INDOZONE.ID - Gaya busana prewedding Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi mendapat cibiran dari Veronika Koman, wanita yang pernah masuk dalam daftar buron pihak kepolisian terkait dengan isu Papua.

Veronika Komen menyebut Kaesang tidak mengerti penderitaan orang Papua hingga menggunakan pakaian adat Papua yang dinilainya asal-asalan.

"Contoh textbook apropriasi budaya: @kaesangp ga pernah bicara soal penderitaan Orang Papua, tau2 pake pakaian adat Papua, secara asal-asalan pula," twit Veronica Koman seperti yang dikutip Indozone, Senin (5/12/2022).

Kaesang dan Erina Gudono saat melakukan foto Prewed. (Instagram/Kesang Pangarep)
Kaesang dan Erina Gudono saat melakukan foto Prewed. (Instagram/Kesang Pangarep)

Sebelumnya seorang aktivis Papua benama Arnold Belau mengkritisi busana yang dikenakan Kaesang yang menurutnya tidak sesuai dengan adat istiada yang berlaku di ranah Papua.

Pasalnya Kaesang harusnya pakai koteka bukan sali yang merupakan cawat yang biasanya dipakai perempuan.

"Foto prewedding @kaesangp : Noken khas Wamena. Harusnya pake koteka. Bukan sali. Di Wamena sali biasanya hanya dipake oleh perempuan. Sali/cawat yg di foto itu khas pesisir pantai selatan (mimika we, Asmat, Merauke dan sekitarnya) Mungkin konsepnya yg penting Papua," tulis Arnold Belau di Twitter @ArnoldBelau.

Kaesang dan Erina dijadwalkan melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu 10 Desember 2022.

Sementara tasyakuran pernikahan akan berlangsung pada Minggu, 11 Desember 2022 di Puro Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah.

Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono dilangsungkan di kota Solo. (Instagram/Kesang Pangarep)
Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono dilangsungkan di kota Solo. (Instagram/Kesang Pangarep)

Tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina tidak dilaksanakan di Graha Saba Buana, Solo, yang dulu menjadi tempat resepsi pernikahan dua kakak Kaesang, dan merupakan gedung milik keluarga Jokowi, karena gedung itu sudah disewa oleh masyarakat pada hari yang sama.

Sementara itu Presiden Jokowi yang melakukan persiapan pernikahan putra sulungnya, Kaesang, harus pulang pergi Solo Jakarta.

Seperti yang dikutip Antara, Jokowi mengatakan pada Minggu malam ini, harus terbang lagi kembali ke Jakarta karena banyak agenda yang harus diselesaikan.

"Saya melihat situasi, pada Jumat (9/12), akan kembali pulang ke Solo. Kalau Ibu Iriana sudah dua minggu ada di Solo," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan acara pernikahan di Solo, keberangkatan dimulai dari Loji Gandrung di Jalan Slamet Riyadi kemudian kirab dan tasyakurannya di Pura Mangkunegaran Solo.

"Dari Loji Gandrung nanti kirab temanten menuju ke Pura Mangkunegaran," kata Jokowi.

Sementara itu, pada acara rapat terakhir pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, yang dihadiri oleh Presiden Jokowi berlangsung secara tertutup, di Soga Resto Batik Danar Hadi Solo, selama sekitar dua jam. 

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Fahrizal Daulay
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US