The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

UN 2020 Dihapus, Ini Daftar Negara yang Tidak Berlakukan Tes Kelulusan
Ujian (Phillipine Star)
Life

UN 2020 Dihapus, Ini Daftar Negara yang Tidak Berlakukan Tes Kelulusan

Simak daftarnya

Selasa, 24 Maret 2020 15:20 WIB 24 Maret 2020, 15:20 WIB

INDOZONE.ID - Demi keselamatan kesehatan masyarakat, Presiden Joko Widodo memilih opsi untuk meniadakan Ujian Nasional (UN) 2020 bagi siswa SD, SMP dan SMA/Sederajat. 

Hal tersebut diputuskan setelah Jokowi dan menteri menggelar rapat terbatas secara online. Sementara itu, sejumlah negara lain sudah meniadakan UN sejak lama. 

Dikutip laman Local School Network, Selasa (24/3/2020), berikut daftar negara yang tidak berlakukan Ujian Nasional. 

1. Finlandia 

Sekolah
Sekolah (Giving Compass)

Salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik dunia adalah Finlandia. Siswa -siswi di Finlandia menjalani ujian matrikulasi bagi mereka yang berusia 18-19 tahun, dengan mata ujian tes bahasa, bahasa nasional, matematika dan sains atau humaniora.

2. Jepang 

Murid di sekolah Jepang
Murid di sekolah Jepang (Hello Japan)

Jepang tidak memberlakukan ujian nasional. Seluruh siswa sekolah menjalani sendiri penilaian akhir untuk setiap siswa di bawha pengawasan dinas pendidikan di daerahnya masing-masing. 

3. Kanada

Anak sekolah di Kanada
Anak sekolah di Kanada (Thepienews)

Pada usia 15 tahun khususnya di negara bagian Alberta, prestasi murid diuji dalam 5 mata pelajaran seperti matematika, sains, ilmu sosial, bahasa Inggris dan Prancis. Sementara itu di negara bagian Ontario untuk mendapatkan ijazah sekolah menengah siswa harus memperoleh 30 kredit di sekolah menengah, menyelesaikan keaksaraan kelas 10 wajib, menyelesaikan 40 jam keterlibatan masyarakat. 

4. Korea Selatan 

Murid sekolah
Murid sekolah di Korea Selatan (Al Jazeera.com)

Korea Selatan tidak memberlakukan Ujian Nasional di tahap menengah ke bawah. Namun, siswa mengikuti ujian masuk pada usia 15 tahun untuk sejumlah sekolah menengah atas. 

5. Belanda

Ilustrasi
Sekolah di Belanda (Studyinholland)

Pada usia 15 tahun, tidak ada Ujian Nasional pada sekolah tingkat menengah. Pihak sekolah menilai apakah siswa memperoleh pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam target pencapaian. Murid keemudian memasuki siklus kedua yang berbeda untuk mempersiapkan ujian khusus. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Dinno Baskoro
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US