The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bak Sinetron, Jenazah Warga Tak Diurus Tetangga, Perangkat Desa yang Antar ke Makam
Jenazah diantar ke makam oleh perangkat desa (Instagram/terangmedia)
Life

Bak Sinetron, Jenazah Warga Tak Diurus Tetangga, Perangkat Desa yang Antar ke Makam

Warga Kendiri, Jawa Timur.

Kamis, 22 September 2022 09:00 WIB 22 September 2022, 09:00 WIB

INDOZONE.ID - Beredar video yang memperlihatkan sekelompok perangkat desa sedang memikul keranda. Narasi video menyebut mereka sedang mengantar jenazah yang tidak diurus tetangga.

Dilihat dalam unggahan yang dibagikan oleh akun Instagram @terangmedia, tampak sebuah keranda jenazah sedang digotong oleh perangkat desa.

Si pemilik video mengklaim jenazah tersebut sama sekali tidak diurusi tetangga sekalipun berita dukanya telah disampaikan.

"Bukan cerita Indosiar, ini nyata. Tadi siang meninggal, gak ada yang nganterin, sampe perangkat desa yang nganterin ke makam," bunyi narasi video yang dilihat Indozone, Kamis (22/9/2022).

Baca juga: Vidi Aldiano Nonton 'Bisikan Jenazah' Aldi Taher 4 Kali, Sebut Film Terbaik 2022, Sarkas?

Memang tampak jelas keranda itu diangkat oleh beberapa pria berseragam PNS. Sementara seorang PNS wanita juga tampak menyebar bunga di bagian depan barisan.

Terlihat juga ada beberapa orang tanpa pakaian PNS yang ikut mengantar ke makam. Diduga mereka bagian dari keluarga atau warga yang kebetulan melintas. 

“Jenazah diantarkan oleh perangkat desa dan tidak terlihat iring-iringan/rombongan dari para tetangga jenazah,” sambung narasinya. 

Adapun peristiwa ganjil tersebut diketahui terjadi di Kediri, Jawa Timur. Disebutkan penyebabnya karena si jenazah semasa hidupnya tidak pernah melayat ke tetangganya yang meninggal dunia.

Jenazah diantar ke makam oleh perangkat desa ( Instagram/terangmedia)
Jenazah diantar ke makam oleh perangkat desa ( Instagram/terangmedia)

"Menurut informasi dari pemilik video bahwa kabar meninggalnya jenazah tersebut sudah diumumkan, tetapi para tetangga tidak ada yang mendengar sehingga para perangkat desa yang turun tangan."

"Semoga kita semua nanti meninggal dalam keadaan baik, husnul khotimah dan banyak yang mendoakan," ungkap si pemilik video. 

Sontak unggahan video itupun menuai reaksi dari warganet. Banyak di antara mereka yang mengecam perlakuan warga terhadap si jenazah.

Baca juga: Cerita WNI Menunggu 13 Jam Demi Lihat Jenazah Ratu Elizabeth, Rasanya Haru Biru

Dalam Islam sendiri hukum mengurus jenazah adalah fardhu kifayah, yaitu kewajiban bersama. Di mana jika sudah dilaksanakan oleh sebagian orang, maka sebagian yang lain terbebas dari dosa.

Namun sebaliknya, jika tidak dilakukan oleh barang satu orang pun, maka seluruhnya akan berdosa.

“Semasa hidupnya tdk prnh melayat...trus skrg balas dendam gitu ? Jadi apa bedanya sama almarhum kalo ky gitu ? Brarti Podo wae rak nggenahe,” kata @rina_kepatihan.


“Inalilahi semoga husnul khotimah di terima iman islam nya di ampuni segala dosa nya aamiiiiin,” sambung @tennyg_henk. 

“1 desa berdosa,” ucap @dewo.30. 

“Padahal pahalanya besar ya, gak ada yg mau dapat pahala ya warganya,” timpal @auliar555.
 

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Dina Agustina
Anisa Rizwani
JOIN US
JOIN US