The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kenali 3 Tipe Pelaku Pelecehan Seksual yang Bisa Bikin Korban Trauma
Ilustrasi pelecehan seksual (Impact.monash)
Life

Kenali 3 Tipe Pelaku Pelecehan Seksual yang Bisa Bikin Korban Trauma

Senin, 04 Juli 2022 18:21 WIB 04 Juli 2022, 18:21 WIB

INDOZONE.ID - Psikolog Lia Sutisna Latif M.Psi mengungkapkan perlu adanya eduksi pertahanan diri dari orang asing untuk mencegah pelecehan seksual yang semakin marak di ruang publik.

Menurut Lia, terdapat tiga tipe pelecehan seksual. Yang pertama adalah latar belakang kepribadian si pelaku atau kebiasaan dan karakter demografis seperti tempat terbuka yang banyak orang atau tempat terbuka yang sepi.

Kemudian yang kedua ada tipikal organized, yaitu orang yang merasa mempunyai kedudukan atau sehingga memanfaatkan korban yang terlihat 'lemah'.

Yang ketiga, ada juga tipikal pelaku impulsive dan berani ambil risiko misalnya di angkutan umum. Dan yang terakhir oportunistik yaitu tipikal yang memanfaatkan keadaan seperti ruang publik yang sepi.

“Biasanya profil-profil pelaku seperti ini dia ada kemarahan, punya perilaku merusak dan ada kepribadian yang antisosial,” ungkap Ratna, dikutip dari Antara, Senin (4/7/2022).

Lia menambahkan, masyarakat harus ikut andil dalam pencegahan pelecehan seksual yang terjadi di ruang publik. Yang terpenting adalah membuat korban merasa aman terlebih dahulu.

Menurutnya, tidak banyak korban yang bisa langsung melapor jika mengalami pelecehan seksual, terutama perempuan.

Banyak pertimbangan yang dihadapi salah satunya membutuhkan fase untuk menenangkan diri dan takut pada sikap publik. Dukungan orang terdekat juga sangat penting pada fase ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Dina
Dina

Dina

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US