The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Perjalanan Dita SECRET NUMBER Jadi Idol, Sempat Gagal Audisi Berulang Kali
Idol Kpop asal Indonesia Dita Karang. (Instagram/@ditakarang).
Life

Perjalanan Dita SECRET NUMBER Jadi Idol, Sempat Gagal Audisi Berulang Kali

Jadi trainee setelah dua tahun.

Minggu, 24 Mei 2020 19:09 WIB 24 Mei 2020, 19:09 WIB

INDOZONE.ID - Perjalanan karier Dita Karang menjadi idol KPop penuh dengan perjuangan. Masih terngiang di benak Dita saat ingin member girlband SECRET NUMBER. Menurutnya, itu bukanlah hal yang mudah. Banyak rintangan yang harus dilaluinya termasuk jatuh berulang kali dalam kegagalan. Hal ini diceritakannya saat sesi Instagram Live bersama Dian Sastrowardoyo, Minggu (24/5/2020).

Sejak kecil DIta sangat suka menari. Beragam les menari sudah diikutinya seperti balet dan tari Bali. Saat SMP dirinya mulai mengenal K-Pop. Bersama teman-temannya, ia senang cover dance girlband 2NE1 dan beberapa kali pernah mengikuti lomba dance.

“Lalu mulai kepikiran kalau ini (dance) hidupku kira-kira SMA karena itu mau kuliah jadi harus memutuskan maunya apa. Aku mulai mikir kayaknya ingin dance tapi lebih ke performing in general. Setiap performing ada adrenaline rush yang aku senang banget, enggak bisa digantiin sama apapun,” kata Dita.

Dari situlah ia memutuskan untuk kuliah jurusan performance art. Semula kedua orangtuanya tidak terlalu menyetujui keinginan Dita untuk menjadi performer. Sebab mereka merasa itu bukanlah pekerjaan yang umum. Namun dengan kegigihannya, perempuan berusia 24 tahun itu berhasil meyakinkan kedua orangtuanya. Bahkan dirinya mendapatkan beasiswa di American Musical and Dramatic Academy (AMDA), New York.

“Di sana aku dua tahun untuk conservatory program dance. Tapi karena musical school, jadi nyicip-nyicip juga belajar singing, acting,” kata Dita.

Setelah lulus dari AMDA, Dita mulai mengikuti berbagai audisi. Saat itulah dirinya mulai merasakan persaingan yang ketat. Sebab berulang kali audisi, ia tak kunjung lolos untuk mendapatkan peran yang diinginkan.

“Ternyata walaupun lulusan sekolah musical, aku merasakan teman-teman yang keren banyak juga yang enggak masuk. Enggak gampang memang,” kata Dita.

Dita Karang Secret Number.
Dita Karang Secret Number. (Instagram/@ditakarang).

Meskipun tak kunjung lolos audisi, dirinya tak mudah menyerah. Dita kemudian memilih untuk mengikuti kelas dance K-Pop di studio. Dari situlah ia mulai mengikuti sejumlah audisi yang diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan Korea.

“Ada audisi company gede (big three), enggak lolos. Lalu di dance studio ada audisi bulanan dari company lebih kecil. Aku rajin ikut karena gratis ini, lumayan. Kemudian akhirnya ada VINE yang bilang interested sama aku,” ucap Dita.

Dita bersama Secret Number.
Dita bersama Secret Number. (Instagram/@ditakarang).

Serasa mendapatkan angin segar, Dita semakin bersemangat. Namun ia tidak mendapatkan kabar selanjutnya walaupun ada perusahaan yang mengaku tertarik dengannya. Dita kemudian pulang ke Indonesia dan meminta izin kepada kedua orangtuanya untuk berangkat ke Korea.

“Aku bilang ingin ikut 1Million Dance Company karena mereka bilang interested, jadi aku pikir kalau dicoba sedikit bisa masuk. Lalu aku datang ke Korea sendirian, enggak kenal siapa-siapa, ikut audisi lagi, akhirnya diterima. Mereka bilang perlu aku,” ujar Dita.

Setelah itu Dita mulai menjalani trainee kurang lebih selama dua tahun. Akhirnya ia pun berhasil memulai debut bersama SECRET NUMBER pada 19 Mei 2020.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
M Fadli
Maria Adeline Tiara Putri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US