The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Inspirasi Dekorasi Rumah untuk Sambut Imlek, Unik dan Semarak
Kolase lampion dan pohon angpao (Instagram/meili_yanti)
Life

5 Inspirasi Dekorasi Rumah untuk Sambut Imlek, Unik dan Semarak

Minggu, 23 Januari 2022 19:00 WIB 23 Januari 2022, 19:00 WIB

INDOZONE.ID - Perayaan Imlek tahun ini masih dalam suasana pandemi. Akibatnya kamu mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saat momen spesial ini. 

Nah agar perayan Imlek tetap terasa semarak, ada baiknya kamu mendekorasi rumah dengan pernak-pernik bernuansa Imlek.

Kamu bisa menggunakan lampion, hiasan dinding hingga pohon angpao. Tak perlu bingung soal idenya, berikut Indozone telah merangkum beberapa ide dekorasi yang bisa kamu jadikan inspirasi. Yuk simak! 
 
1. Lampion merah untuk nuansa cerah

lampion (Pixabay/JokoHarismoyo)
Ilustrasi lampion (Pixabay/JokoHarismoyo)

Lampion menjadi salah satu barang yang wajib ada di momen Imlek. Lampu ini akan memberikan kesan cerah dan semarak pada ruangan rumah.

Kamu bisa meletakkan lampu pada pintu masuk, di ruang tengah hingga ruang makan. Penerangan berwarna merah kekuningan itu juga akan memberikan kesan hangat pada rumah.

2. Angpao bermotif bikin ceria

Angpao (Dok. IKEA)
Angpao (Dok. IKEA)

Angpao juga harus jadi bagian dari dekorasi rumah saat Imlek. Pasalnya angpao juga menjadi tradisi yang tidak bisa dipisahkan dari Imlek.

Angpao membawa kebahagiaan dan membuat siapa saja yang mendapatkan langsung ceria. Karena itu kamu bisa meletakkan pohon angpao di sudut-sudut rumah.
 
Tipsnya, pilihlah angpao berwarna merah dengan motif bunga musim semi berwarna emas agar ada kesan klasik dan elegan pada pohon angpaomu.

3. Meja makan pusat dekorasi

Hiasan meja makan (Dok.IKEA)
Hiasan meja makan (Dok.IKEA)

Imlek selalu jadi momen kumpul keluarga. Salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga tentunya makan bersama.

Karena itu ruang makan harus menjadi pusat dekorasi Imlek. Kamu bisa mendekorasi ruang makan dengan aksesori meja makan yang sederhana tetapi bergaya oriental.

Kamu bisa menggunakan taplak meja berwarna pastel dengan detail cantik berwarna merah di ujungnya. Selain itu, alas piring atau placemat merah dengan gambar bunga yang dapat memberikan kesan cerah dan kontras di meja makan juga bisa kamu gunakan.

4. Hiasan dinding unik

Hiasan dinding (Dok.IKEA)
Hiasan dinding (Dok.IKEA)

Hiasan dinding bisa menjadi ornamen khas dan praktis yang akan melengkapi momen Imlek bersama keluarga. Kamu bisa memilih hiasan kertas yang diukir dengan ragam gambar tumbuhan atau hewan dan ukiran doa dalam bahasa Mandarin.

Untuk pilihan warna, pilihlah hiasan dengan dominasi warna merah dan emas yang bisa mempercantik ruangan sekaligus membuat nuansa Imlek semakin kental. 

Tidak hanya untuk mempercantik ruangan, kamu bisa jadikan hiasan dinding sebagai latar belakang foto bersama keluarga saat Imlek. Hal ini tentu sangat unik dan menarik!
 
5. Sarung bantal motif

Sarung bantal Imlek (Dok.IKEA)
Sarung bantal Imlek (Dok.IKEA)

Untuk melengkapi momen Imlek, kamu bisa mengganti sarung bantal kursi dengan sarung bermotif. Agar nuansanya tidak melulu merah, kamu bisa menggunakan sarung yang berwarna pastel dengan motif tradisional. Sentuhan motif tradisional tersebut akan mempertegas nuansa Imlek yang kental, tetapi juga memiliki kesan modern dan minimalis.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Anisa Rizwani
JOIN US
JOIN US