The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Anti Galau, Ini 3 Cara Menenangkan Pikiran dalam Waktu Singkat
Ilustrasi menenangkan pikiran. (Pixabay/Allinoch)
Life

Anti Galau, Ini 3 Cara Menenangkan Pikiran dalam Waktu Singkat

Salah satunya dengan beribadah.

Sabtu, 01 Januari 2022 17:35 WIB 01 Januari 2022, 17:35 WIB

INDOZONE.ID - Perasaan atau mood memang tidak pernah bisa ditebak. Kita bisa saja merasa senang namun seketika bisa berubah marah hingga menangis.

Perasaan yang berubah-ubah tersebut sangat mempengaruhi kesehatan diri. Perasan yang tak menentu atau galau akan berdampak pada ketenangan pikiran.

Oleh sebab itu, agar selalu tetap sehat, pikiran kita sebaiknya  dijauhkan dari hal-hal yang dapat memicu stres. Namun jika sudah terlanjur banyak beban pikiran, cobalah ambil waktu sejenak dan lakukan tiga cara berikut ini.

1. Luapkan unek-unek

curhat (Pixabay/PeopleImages)
Ilustrasi curhat (Pixabay/PeopleImages)

Cara terbaik mengurangi beban pikiran adalah dengan membiarkannya terbuang. Jangan biarkan isi kepalamu menumpuk sendirian, cobalah berbagi cerita dengan orang yang kamu percaya.

Tuangkan segala keluh kesah dan uneg-uneng yang menjadi kekhawatiranmu. Temanmu tidak perlu memberi solusi, sampaikan padanya kamu hanya butuh didengarkan.

2. Cari kesibukan

 gitar (Pixabay/MajaMitrovic)
Ilustrasi bermain gitar (Pixabay/MajaMitrovic)

Saat dihadapkan pada segudang masalah, kamu mungkin tak perlu buru-buru untuk menyelesaikannya. Jika memang belum menemukan solusinya, berhentilah bergumul dengan pikiranmu.

Kamu bisa mengalihkan pikiran dan emosi negatif yang muncul dengan melakukan aktivitas lain yang membuatmu sibuk sejenak.

3. Beribadah atau berdoa

berdoa (Pixabay/Mustafagull)
Ilustrasi berdoa (Pixabay/Mustafagull)

Tak ada cara paling ampuh menenangkan diri selain berserah kepada-Nya. Jika beragam usaha sudah kamu coba tetapi beban hidupmu malah semakin kusut, cobalah berserh kepada-Nya.

Kamu bisa beribadah dan berdoa sehingga mendapat ketenangan. Bahkan, ada waktu-waktu tertentu yang mustajab untuk kita berdoa sesuai dengan agama masing-masing.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Anisa Rizwani
Dina

Dina

Editor
JOIN US
JOIN US