INDOZONE.ID - Belanja online masih menjadi pilihan masyarakat termasuk generasi Z atau gen Z (usia 18-24 tahun).
Sepanjang tahun 2022, kota Jayawijaya (Papua), Sabut Raiju (NTT) dan Muaro Jambi (Jambi) merupakan wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi tertinggi oleh gen Z.
Sementara Bantaeng (Sulawesi Selatan), Jepara (Jawa Tengah), dan Tidore (Maluku Utara) mengalami peningkatan jumlah pembeli gen Z tertinggi.
"Sepanjang 2022, misalnya, kategori Kesehatan, Kecantikan, Fesyen, Handphone dan Gadget, serta Makanan dan Minuman menjadi jadi incaran bagi gen Z,” ujar Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya melalui keterangan tertulisnya kepada Indozone, Sabtu (28/1/2023).
Baca juga: Konsumsi Ikan, Ahli Gizi IPB Bilang Bisa Cegah Stunting dan Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Tren Belanja Online Gen Z 2022
“Gen Z cenderung memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya terus menjalankan protokol kesehatan. Pada kategori kesehatan, misalnya, produk masker medis, obat herbal hingga tisu menjadi produk yang laris manis di kalangan gen Z selama 2022,” jelas Ekhel.
Selain menjaga kesehatan tubuh, gen Z cenderung peduli menjaga kesehatan wajah.
“Terbukti dari produk serum wajah, krim wajah dan pembersih wajah yang menjadi produk paling banyak dibeli gen Z lewat kategori kecantikan,” tambah Ekhel.
Di samping itu Gen Z juga gemar tampil modis. Ini terbukti dengan produk fesyen jadi incaran untuk berbelanja.
“Di subkategori Fesyen Wanita, tas selempang, hijab segi empat serta sandal menjadi produk paling laku, sedangkan pada subkategori Fesyen Pria, kaos, sneakers dan kemeja menjadi produk yang laris diburu gen Z,” ujar Ekhel.
Gen Z pun ternyata sering berbelanja berbagai produk kebutuhan elektronik.
Kabel data, perangkat android dan pelindung layar handphone menjadi beberapa produk yang paling laris di kalangan gen Z lewat kategori Handphone dan Gadget.
Baca juga: 7 Cara agar Belanja Online Aman dari Pencurian Data Pribadi
Di sisi lain, pada kategori Makanan dan Minuman, gen Z paling sering membeli mie instan, keripik, serta biskuit dan wafer.
Kampanye Tokopedia Buat Gen Z
Tokopedia menghadirkan berbagai inisiatif atau kampanye untuk membantu masyarakat, termasuk gen Z, berbelanja kebutuhan harian secara lebih mudah dan efisien.
Misalnya, ada kampanye Zona Sehat dengan sederet produk kesehatan yang terkurasi.
Ada pula kampanye Tokopedia Beauty dan Zona Ganteng yang berisi berbagai produk kecantikan dan perawatan diri terkurasi.
Di sisi lain, masyarakat bisa mendapatkan produk fesyen lokal perempuan lewat Women in Style dan fesyen lokal laki-laki lewat Galeri Fashion Pria.
Beragam produk teknologi terkurasi dengan jaminan harga murah tersedia di Tokopedia Tekno, sedangkan Tokopedia Nyam! menghadirkan pilihan makanan dan minuman dari para pegiat usaha khususnya UMKM di berbagai daerah.
Inisiatif Hyperlocal juga terus digencarkan untuk mendekatkan pembeli dengan penjual di mana pun mereka berada.
“Contoh manifestasinya ada Kumpulan Toko Pilihan (KTP) untuk membantu pembeli belanja dari penjual terdekat. Selain itu, ada Dilayani Tokopedia agar pembeli bisa mendapatkan produk dari penjual di luar daerah dengan cepat dan ongkir terjangkau bahkan Rp0,” jelas Ekhel.