The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bait Puisi Siswa SD 'Sepedah, Ikan, dan Batubara' Ini Sindir Kepemimpinan Presiden Jokowi
Bait puisi yang dibagikan oleh penulis puisi best seller. (Photo/Twitter/@okkymadasari)
Life

Bait Puisi Siswa SD 'Sepedah, Ikan, dan Batubara' Ini Sindir Kepemimpinan Presiden Jokowi

Jumat, 04 Desember 2020 17:32 WIB 04 Desember 2020, 17:32 WIB

INDOZONE.ID - Belakangan ini viral puisi karya Wahyu Hendrawan, siswa SD di Palembang yang berjudul "Sepedah, Ikan, dan Batubara" tengah menjadi perbincangan di media sosial, Jumat (4/12/2020).

Sebab, diketahui bait-bait puisi itu berisikan kritik terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lantaran sungai di sekitar rumahnya tercemar akibat penambangan.

Penulis itu diketahui bersekolah di SDN 204 Palembang. Dalam puisinya, Wahyu menyinggung Presiden Jokowi soal sepeda yang kerap dia beri di acara tertentu dengan melibatkan anak sekolah.

"Aku tidak dapat sepeda dari Pak Jokowi karena tidak bisa menjawab nama-nama ikan. Dari kecil tak ku jumpai tilapnya lagi. Padahal kata bapak di Sungai Enim banyak ikan," tulisnya.

Baca juga: Viral Cewek Dikatain Matre usai Putus, Emas yang Sudah Diberikan Juga Diminta Kembali

"Aku mau sepeda. Tapi bapak tidak membelinya. Kebun karet bapak sudah jadi tambang," lanjut puisi itu.

Puisi itu adalah karya yang dia ikutkan dalam lomba karya tulis ekologi. Lomba itu bertemakan "Daya Rusak Tambang Batubara dan PLTU Bagi Kehidupan" di Sumatera Selatan tahun 2020.

Hal itu diketahui saat akun twitter @okkymadasari, salah satu juri dari lomba tersebut mengunggahnya. Puisi juara dua ini pun mengundang pertanyaan warganet, apakah benar itu adalah karya asli Wahyu. Akun novelis @okkymadasari pun menanggapinya.

"Banyak yang kaget dan nanya apakah ini beneran anak SD. Ya beneran. Itulah akibatnya kalau kita cuma sibuk dengan Ikan Hiu Makan Tomat!," tulis akun @okkymadasari.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US