The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Alami Kegagalan Berulang Kali? Ini Cara untuk Bangkit
Ilustrasi kegagalan. (Freepik/Nakaridore)
Life

Alami Kegagalan Berulang Kali? Ini Cara untuk Bangkit

Harus optimis.

Jumat, 13 November 2020 20:00 WIB 13 November 2020, 20:00 WIB

INDOZONE.ID - Kamu pasti pernah mengalami kegagalan paling tidak satu kali dalam hidupmu. Sebagai orang-orang yang optimis, kegagalan bukanlah sebuah hambatan.

Namun, kegagalan adalah bagian dari sebuah proses yang bisa menjadi sebuah pelajaran berharga agar bisa lebih baik lagi.

Dulu, meskipun kamu mengalami kegagalan, kamu tak pernah ragu untuk segera bangkit lagi. Namun, bagaimana jika kamu terus mengalami kegagalan yang sama berulang kali? Apakah kamu akan mudah untuk bangkit lagi seperti sedia kala?

Baca Juga: Tak Ada Bukti Baru, Polda Jabar Hentikan Penyelidikan Dua Kasus Rizieq Shihab

Sayangnya, hal ini tidak mudah untuk dilakukan oleh banyak orang. Berbeda dengan kegagalan yang hanya terjadi satu kali, kamu mungkin akan menyerah dan merasa putus asa setelah mengalami kegagalan yang sama berulang kali.

Padahal, bisa jadi keinginanmu sudah di depan mata dan akan terwujud setelah berusaha sedikit lagi. Dilansir dari goalcast.com, ada hal yang bisa kamu lakukan agar bisa bangkit kembali dan tidak berhenti di tengah jalan setelah mengalami kegagalan yang sama berulang kali. Apa sajakah itu?

Pertama, kamu tak boleh fokus pada rasa kecewa yang muncul saat mengalami kegagalan. Kamu tak bisa memaksakan diri untuk mengubah situasi yang tak bisa kamu kendalikan. Lebih baik kamu fokus mencari jalan keluar dengan mencoba cara yang berbeda dari sebelumnya.

kegagalan, harus optimis,
Ilustrasi optimis (Freepik/Mindandi)

Namun, bukan berarti kamu harus melupakan kejadian yang telah berlalu. Kamu tak boleh mencoba bangkit lagi dengan tangan kosong, ya. Kamu harus punya catatan-catatan penting dari masa lalu agar tak mengulang kesalahan yang sama.

Kamu pasti mendapatkan pelajaran berharga dari kegagalan-kegagalan yang pernah terjadi sebelumnya. Jadi, coba telaah lebih dalam apa saja kekurangan yang jadi penyebab kegagalan tersebut. Lalu, setelah kamu menemukannya, kamu bisa melakukan identifikasi secara detail untuk menentukan langkah selanjutnya.

Selain itu, kamu juga harus menumbuhkan keyakinan yang kuat kalau kegagalan adalah proses menuju kesuksesan. Orang sukses tak mudah menyerah meskipun telah gagal berulang kali.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US