The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inovatif! Ada Cokelat Warna-warni Buatan Ilmuwan Swiss
photo/doc.ETH Zurich
Life

Inovatif! Ada Cokelat Warna-warni Buatan Ilmuwan Swiss

Sabtu, 28 Desember 2019 17:00 WIB 28 Desember 2019, 17:00 WIB

INDOZONE.ID - Biasanya cokelat terdiri atas warna netral seperti hitam, putih dan coklat. Namun, para ilmuwan Swiss menciptakan inovasi cokelat terbaru. Mereka bernisiatif membuat cokelat warna-warni tanpa pewarna makanan.

Sekelompok ilmuwan itu berasal dari ETH Zurich dan FHNW University of Applied Sciences dan Arts Northwestern Switzerland. Mereka baru saja mengajukan hak paten untuk proses pembuatan cokelat dalam warna pelangi tanpa menggunakan pewarna makanan.

Awalnya, ide ini berasal dari ilmuwan makanan Patrick Rühs,  ilmuwan bahan bernama Etienne Jeoffroy dan fisikawan bernama Henning Galinski. Mereka sedang berbincang tentang cokelat sembari minum kopi bersama.

Obrolan mereka berfokus pada apakah mungkin membuat cokelat dengan warna lain selain warna coklat, putih dan hitam. Jika bisa, bagaimana caranya?

Diselimuti rasa penasaran yang besar, ketiganya pun mulai meneliti tentang cokelat lebih jauh lagi. Mulai dari mencari sifat-sifat cokelat dan mencari tahu asal usul cokelat berwarna coklat. Ketiganya bereksperimen di dapur Universitas ETH.

Eksperimen pertama terdiri atas lapisan yang dapat dimakan dari emas dan titanium oksida. Titanium akan menimbulkan warna emas kekuningan atau biru tua pada cokelat. Tetapi ketiga ilmuwan itu tidak melanjutkan metode ini karena dianggap tidak praktis. Mereka menganggap proses produksinya terlalu rumit.

Kemudian, mereka mengubah metode dan meminta bantuan seorang siswa sains bernama Anita Zingg.

Sebagaimana eksperimen, tentunya melalui beberapa percobaan dan kesalahan. Akhirnya, para ilmuwan Swiss ini berhasil menemukan warna emas yang kilaunya menimbulkan warna-warni di cokelat.

Mereka berhasil mencetak lebih dari satu cokelat dan dapat dipresentasikan dihadapan perusahaan cokelat. Ini melibatkan bantuan Per Magnus Kristiansen dan Jerome Werder, dua ahli pelapis permukaan di FHNW University of Applied Sciences dan Arts Northwestern Switzerland,

Para ilmuwan itu pun mengajukan hak paten untuk mencetak warna struktural ke cokelat dan sudah menemukan solusi untuk meningkatkan industri cokelat. Kemudian mereka menghubungi berbagai produsen cokelat (di antaranya ada beberapa di Swiss) dan menemukan kesepakatan untuk menerapkan solusi pewarnaan cokelat secara komersial.

Hmmm, jadi tidak sabar untuk menikmati cokelat warna-warni yang dijual di pasaran.

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US