The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

8 Contoh Sikap Menghargai Keberagaman di Indonesia
Ilustrasi sikap menghargai keberagaman (photo/unsplash/@rubenhutabarat)
Life

8 Contoh Sikap Menghargai Keberagaman di Indonesia

Selasa, 12 Oktober 2021 13:27 WIB 12 Oktober 2021, 13:27 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia dikaruniai dengan berbagai keberagaman, mulai dari perbedaan suku, budaya, agama, warna kulit hingga cara pandang.

Agar perbedaan tersebut tidak menimbulkan kesenjangan, kita perlu menerapkan sikap menghargai keberagaman dalam kehidupan sosial.

Ada beberapa contoh sikap menghargai keberagaman masyarakat Indonesia yang bisa kita laksanakan demi terciptanya kerukunan.

Sikap Menghargai Keberagaman

Sikap menghargai keberagaman sebaiknya dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menciptakan persatuan dan kesatuan.

Berikut ini Indozone bagikan contoh sikap menghargai keberagaman di Indonesia mulai dari lingkungan tempat tinggal, pergaulan hingga fasilitas umum.

1. Mengutamakan kepentingan umum daripada kelompok atau pribadi

menghargai keberagaman
Ilustrasi mengutamakan kepentingan umum daripada kelompok atau pribadi (photo/unsplash/@mimithian)

Menghargai keberagaman dapat kita lakukan dengan mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan kelompok tertentu, apalagi kepentingan pribadi yang justru menunjukkan sikap egois.

Artinya, dalam memecahkan masalah atau membuat keputusan sebaiknya didasarkan pada hasil musyawarah dengan menjunjung tinggi kebutuhan banyak orang.

2. Saling menghormati perbedaan fisik, agama, suku dan ras

menghargai keberagaman
Ilustrasi saling menghormati perbedaan fisik, agama, suku, dan ras (photo/unsplash/@docusign)

Indonesia adalah negara yang multikultural dengan agama, suku, ras, maupun fisik dan karakter yang bermacam-macam. Agar bisa hidup berdampingan, kita perlu saling menghormati berbagai perbedaan tersebut.

Contohnya, dengan tidak mencela bentuk tubuh orang lain, tidak menjelekkan agama tertentu, tidak mencela ras yang berbeda, dan tidak membedakan-bedakan perlakuan pada suku lain.

3. Membina kerukunan dalam kehidupan sosial

contoh sikap menghargai keberagaman
Ilustrasi membina kerukunan dalam kehidupan sosial (photo/unsplash/@ddams12)

Salah satu contoh sikap menghargai keberagaman lainnya yaitu dengan membina kerukunan dalam kehidupan sosial, baik di lingkungan keluarga, sekolah, tempat kerja, maupun tempat umum.

Seperti selalu berusaha menepati janji agar tercipta rasa saling percaya, bersikap amanah supaya dapat dipercaya, berperilaku jujur, bertindak adil, sopan santun dan ramah tamah.

4. Menghargai privasi orang lain

sikap menghargai keberagaman
Ilustrasi menghargai privasi orang lain (photo/unsplash/@luisviol)

Dalam kehidupan sosial, baik dalam lingkungan keluarga, pertemanan, maupun pekerjaan, ada baiknya kita tetap menerapkan batasan untuk menghargai privasi orang lain.

Contohnya, meminta izin sebelum meminjam barang orang lain, mengetuk pintu sebelum masuk ke rumah atau kamar orang lain dan tidak menghubungi orang lain saat larut malam.

5. Saling tolong menolong sesama manusia

sikap menghargai keberagaman
Ilustrasi saling tolong menolong sesama manusia (photo/unsplash/@anniespratt)

Manusia adalah makhluk sosial, maka dari itu manusia membutuhkan orang lain di dalam kehidupannya. Itulah sebabnya, sesama manusia sudah seharusnya saling tolong menolong.

Misalnya, membantu persiapan acara hajatan tetangga, memberikan makanan kepada orang yang kelaparan dan menolong mereka yang terkena musibah dan bencana alam.

6. Menghormati ibadah, agama dan keyakinan yang berbeda

contoh sikap menghargai keberagaman
Ilustrasi menghormati ibadah, agama, dan keyakinan yang berbeda (photo/unsplash/@olivia_snow)

Menghormati berbagai perbedaan juga termasuk salah satu sikap menghargai keberagaman yang menjunjung tinggi nilai toleransi. Sikap ini sangat penting diterapkan untuk menciptakan lingkungan yang damai dan tentram.

Beberapa contohnya yaitu tidak mengganggu ibadah orang lain, tidak memaksakan orang lain berpindah keyakinan dan tidak mencela agama sendiri maupun orang lain.

7. Mengapresiasi budaya daerah lain

sikap menghargai
Ilustrasi mengapresiasi budaya daerah lain (photo/unsplash/@rubenhutabarat)

Saat mengunjungi wilayah tertentu atau bertemu dengan orang lain, ada kalanya kita akan menemukan budaya yang berbeda. Keanekeragaman budaya itulah yang sebenarnya memperkaya Indonesia, sehingga menarik para wisatawan.

Dengan demikian, sudah seharusnya kita mengapresiasi budaya daerah lain dengan tidak menyombongkan budaya sendiri atau menjelekkan-jelekkan budaya lain.

8. Berteman dengan siapa saja

contoh sikap menghargai keberagaman
Ilustrasi berteman dengan siapa saja (photo/unsplash/@cotk_photo)

Sikap menghargai terlihat pula dalam menjalin relasi dengan siapa saja, meski memiliki perbedaan agama, budaya, suku, ras, maupun latar belakang atau sosial.

Tidak perlu membeda-bedakan pergaulan, contohnya hanya ingin berteman dengan suku yang sama, memusuhi mereka yang berbeda agama, atau menjauhi mereka yang memiliki status sosial tidak sama.


Demikianlah beberapa sikap menghargai keberagaman yang ada di Indonesia beserta contohnya. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Indriyana
Putri

Putri

Editor
Indriyana

Indriyana

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US