The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Makna Tema dan Logo HUT RI Ke-75
Logo HUT RI Ke-75 (setneg.go.id)
Life

Makna Tema dan Logo HUT RI Ke-75

Selasa, 04 Agustus 2020 14:13 WIB 04 Agustus 2020, 14:13 WIB

INDOZONE.ID - Nah, jika sebelumnya kita sudah membahas pedoman peringatan HUT RI Ke-75, maka kali ini kita cari tau yuk apa makna tema dan logo HUT RI Ke-75.

Sebelum kita membahas makna dari tema dan logo HUT RI Ke-75, mari kita lihat terlebih dahulu latar belakang dari pembuatan logo HUT RI Ke-75.

Latar Belakang

Ilustrasi Presiden Joko Widodo bercengkramah dengan rakyat Indonesia
Ilustrasi Presiden Joko Widodo bercengkramah dengan rakyat Indonesia (setneg.go.id)

Tahun 2019 adalah tahun pertama di periode pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin (Kabinet Indonesia Maju) sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Pembuatan Logo HUT RI Ke-75 memiliki relevansi dengan tujuan di periode yang baru ini yaitu, pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, penciptaan lapangan kerja, serta pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Guna menciptakan kesatuan bagi seluruh rakyat Indonesia dan juga sebagai pondasi bagi negara untuk bisa menghadapi persaingan global

Tema Besar

Tema besar HUT RI Ke-75
Tema besar HUT RI Ke-75 (setneg.go.id)

Indonesia Maju adalah sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia.

Makna kemerdekaan saat ini bukan hanya sebagai kata, kemerdekaan adalah kesempatan. Kesempatan untuk bermimpi hingga jadi nyata dan kesempatan untuk berkarya tanpa batas.

Sekarang saatnya kita fokus kepada hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa Indonesia.

Makna Logo

Logo HUT RI Ke-75
Logo HUT RI Ke-75 (setneg.go.id)

Terinspirasi dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila.

Logo ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Logo Kemerdekaan RI 75 tahun ini menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia.

Makna elemen bagian atas angka 7
Makna elemen bagian atas angka 7 (setneg.go.id)

Pemerataan ekonomi dan kualitas hidup untuk seluruh rakyat Indonesia diintegrasikan ke dalam elemen bagian atas angka 7, yang melambangkan kesetaraan untuk kesejahteraan dan keadilan yang ekual bagi semua individu.

Makna elemen badan angka 7
Makna elemen badan angka 7 (setneg.go.id)

Progres kerja dinamis dan kepentingan progres infrastruktur direpresentasikan ke dalam elemen badan angka 7; meskipun tidak bergaris lurus, namun progres kerja yang dinamis akan mencapai hasil akhir yang optimal, tanpa harus menjadi lurus dan kaku.

Makna elemen badan angka 5
Makna elemen badan angka 5 (setneg.go.id)

Regenerasi, kerja yang konsisten dan progres yang nyata dalam bekerja direpresentasikan dalam elemen badan angka 5 yang menyerupai lingkaran hampir sempurna; lingkaran ini melambangkan progres yang terus menerus dan terlihat nyata, selalu memperbaiki dan selalu mengejar target.

Makna keseluruhan dari logo HUT RI Ke-75
Makna keseluruhan dari logo HUT RI Ke-75 (setneg.go.id)

Melambangkan kesatuan Indonesia sebagai negara yang mampu menjaga dan mengamankan bangsa, memperkokoh kedaulatan, memperkokoh persatuan dan kesatuan, yang diambil dari simbol perisat di dalam Garuda Pancasila.

Filosofi Logo Bangga Buatan Indonesia

Logo Bangga Buatan Indonesia
Logo Bangga Buatan Indonesia (setneg.go.id)

Logo Bangga Buatan Indonesia meliputi gabungan dari logogram dan logotype dengan sentuhan modern, terlihat dalam bentuk huruf-huruf dan sederhana secara keseluruhan. 

Logogram, digunakan untuk menunjukkan cinta terhadap produk lokal Indonesia. Juga menggambarkan perasaan bangga terhadap produk lokal Indonesia, sekaligus menunjukkan kesatuan sebagai satu Indonesia.

Supergraphic

Komposisi Supergraphic
Komposisi Supergraphic (setneg.go.id)

Supergraphic ini terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekonstruksi logo 75 tahun yang dipecah lagi menjadi bagian yang mempresentasikan komitmen & nilai luhur Pancasila.

elemen dari supergraphic
elemen dari supergraphic (setneg.go.id)

Untuk pengaplikasikannya, supergraphic ini cukup fleksibel karena bersifat abstrak yang merupakan rakitan dari 10 pecahan tadi menjadi satu kesatuan bentuk.


Nah, itulah makna dari tema dan logo HUT RI Ke-75 pada 17 Agustus 2020 yang #KAMUHARUSTAU. Semoga artikel berikut memberikan informasi bermanfaat untuk kamu semua. 

Jangan lupa untuk terus ikuti berita maupun artikel terbaru lainnya ya, hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
jimmy
jimmy

Jimmy

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US