The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Novel Tema Hacker yang Keren untuk Dibaca, Ada dari Penulis Indonesia Loh
Ilustrasi seorang hacker. (Freepik).
Life

5 Novel Tema Hacker yang Keren untuk Dibaca, Ada dari Penulis Indonesia Loh

Bangkitkan imajinasi lewat aksi para hacker

Kamis, 25 Juni 2020 16:04 WIB 25 Juni 2020, 16:04 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini, situs atau website milik DPR RI, yakni www.dpr.go.id sempat tak bisa diakses. Diduga mengalami peretasan oleh para hacker. 

Kejadian itu semakin menegaskan bila sosok hacker itu nyata di tengah masyarakat kita. Kejadian ini sudah terjadi berulang kali dan beritanya pun kerap muncul di beberapa media.

Nah, kisah hacker di dunia nyata inilah yang menjadi inspirasi beberapa pengarang cerita fiksi untuk menuliskan kisah tentang sepak terjang para hacker. Dalam artian melakukan tindakan cyber crime. Namun tak jarang juga melakukannya demi kebaikan.

Berikut ini ada beberapa novel tema hacker yang perlu dibaca yang pernah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. Bahkan ada dua novel yang ditulis oleh penulis asal Indonesia. Yuk, simak di bawah ini.

1. The Blue Nowhere - Jeffery Deaver

Novel dengan unsur hacker berjudul The Blue Nowhere.
Novel dengan unsur hacker berjudul The Blue Nowhere. (goodreads).

Seorang hacker jahat dengan nama kode Phate, memasuki semua komputer warga dan menghantui hidup pemiliknya, bahkan menuntut mereka dalam kematian. 

Untuk menghentikannya, kepolisian menugaskan Detektif Frank Bishop yang dibantu oleh seorang hacker muda Wyatt Gillette. Keduanya harus memburu penjahat tanpa wajah melalui dunia nyata dan dunia maya.

2. Digital Fortress - Dan Brown

Novel dengan unsur hacker berjudul Digital Fortress.
Novel dengan unsur hacker berjudul Digital Fortress. (goodreads).

Ini adalah salah satu karya Dan Brown penulis novel termasyur jauh sebelum menulis kisah The Davinci Code. Novel ini berkisah tengan Susan Fletcher, seorang matematikawan jenius yang bekerja sebagai kepala divisi kriptografi National Security Agency (NSA). Seorang hacker yang pernah bekerja di NSA membelot dan meretas super komputer NSA dengan kode yang susah dipecahkan.

Fletcher bersama tunangannya, David Becker, seorang ahli bahasa yang memiliki ingatan eidetik, harus menemukan cara untuk menghentikan penyebaran kode ini.

3. The Girl With The Dragon Tattoo - Stieg Larsson

Novel dengan unsur hacker berjudul The Girl With The Dragon Tattoo.
Novel dengan unsur hacker berjudul The Girl With The Dragon Tattoo. (goodreads).

Novel asal Swedia ini aslinya bercerita misteri tentang pencarian wanita yang menghilang setelah 40 tahun lamanya. Salah satu tokoh yang memecahkan misteri tersebut adalah seorang hacker dan investigator freelance bernama Lisbeth Salander. 

Kemampuan hacker yang dimilikinya membuat ia berkenalan dengan jurnalis bernama Michael Blomkvist yang diminta mencari wanita yang menghilang itu. Pencarian tersebut membawa keduanya ke dalam kasus pembunuhan berantai yang terjadi puluhan tahun lamanya.

4. Spammer - Ronny Mailindra

Novel dengan unsur hacker berjudul
Novel dengan unsur hacker berjudul 'Spammer.' (goodreads).

Ini adalah satu cerita bertema cyber crime dan hacker asal penulis Indonesia yang wajib dibaca. Bercerita tentang Vergis seorang spammer yang tak menyangka hasil spammingnya menimbulkan bencana. Tanpa sengaja, virus yang Vergis sebar berhasil mencuri file bukti tindak korupsi yang dilakukan Aven Dogoan bersama anggota DPR dan menteri. 

Aven ingin Vergis dihabisi, membuat Vergis terpaksa kabur. Sialnya, ke mana pun ia pergi, keberadaannya selalu berhasil dilacak oleh hacker bernama Leak. Karena tak bisa lari lagi, Vergis akhirnya memutuskan untuk balas melawan.

5. Reaper - Yume Yun 

Novel dengan unsur hacker berjudul Reaper.
Novel dengan unsur hacker berjudul Reaper. (goodreads).

Salah cerita hacker dari penulis Indonesia lainnya. Menceritakan Dasthan Davy yang bekerja dalam pemerintahan dan harus berhadapan dengan seorang hacker jenius bernama Reaper yang selalu menyusup masuk dan merusak setiap sistem di tempatnya bekerja. 

Hingga akhirnya ia mendapati kalau Hacker tersebut adalah gadis pujaan hatinya yang menghilang sejak bertahun-tahun, Erika Lenne. Setelah mengetahui identitas sebenarnya dari Reaper, Dasthan juga mengetahui berbagai kebenaran tentang Erika dan alasan mengapa ia menghilang tujuh tahun silam pun perlahan terkuak.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Writer
JOIN US
JOIN US