The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Salfok! Penutup Kepala Pembawa Acara HUT RI Terbalik, Sengaja Digeser ke Belakang?
Kiri: Pembawa acara HUT Kemerdekaan RI ke-77. (YouTube/Sekretariat Negara) Kanan: Baju Adat Mandailing. (sumut.go.id)
Life

Salfok! Penutup Kepala Pembawa Acara HUT RI Terbalik, Sengaja Digeser ke Belakang?

Kenakan Pakaian Adat Mandailing

Rabu, 17 Agustus 2022 11:05 WIB 17 Agustus 2022, 11:05 WIB

INDOZONE.ID - Sejak 2017 silam, Presiden Jokowi mengamanatkan dalam setiap Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia, para tamu dan undangan dihimbau wajib mengenakan pakaian adat dari suku dan etnis di Nusantara.

Namun pada tahun 2022 ini terdapat sebuah pemandangan yang cukup unik lantaran pembawa acara HUT RI tampak memakai penutup kepala yang terbalik.

Mengenakan pakaian adat khas Mandailing , etnis dari Sumatera Utara tampak pembawa acara pria mengenakan penutup kepala yang bernama Ampu terbalik.

Pakaian adat Mandailing
Momen pembawa acara HUT RI ke-77 terbalik menggunakan Ampu Mandailing. (YouTube/Sekretariat Negara)

Baca Juga: Yuk Belajar Menari Tor-tor Mandailing Ala Warganet TikTok

Dalam aturannya, Ampu dikenakan menghadap ke depan dengan posisi seperti simpulan berada di kepala sebelah kanan. Namun, saat dikenakan oleh pembawa acara tersebut, ia tampak menggeser simpulannya ke arah belakang.

Pakaian adat mandailing
Ilustrasi pengantin wanita memakai bulang emas. (photo/Instagram/@yand_photography)

Pemandangan ini sontak menjadi pertanyaan, apakah pembawa acara tersebut sengaja menggeser bagian seperti simpulan di Ampu Mandailing tersebut lantaran mengganggu penglihatan ataukah tidak sengaja bergeser ke belakang kepalanya?

Dalam adat Mandailing, Ampu merupakan mahkota yang dipakai raja-raja Mandailing pada zaman dulu. Warna hitam yang membalut topi tersebut memiliki filosofi magis dari budaya Mandailing.

Untuk hiasan emas yang mirip seperti simpulan pada topi tersebut menjadi lambang atas kebesaran dan keagungan dari sang pria, dan kalau kita lihat seperti tali diikat yang menghadap ke atas dan ke bawah artinya, keatas selalu ingat Yang Maha Kuasa dan ke bawah untuk selalu rendah hati.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Abdul Fattah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US