The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sikap Cemburuanmu Mengganggu Hubungan? Begini Cara Menghentikannya!
Ilustrasi wanita sedang cemburu dengan pasangannya. (Pexels/Budgeron Bach)
Life

Sikap Cemburuanmu Mengganggu Hubungan? Begini Cara Menghentikannya!

Jumat, 27 Mei 2022 05:00 WIB 27 Mei 2022, 05:00 WIB

INDOZONE.ID - Semua orang tentu pernah merasa cemburu dengan pasangannya dan ini adalah hal yang wajar. Namun, terkadang sikap cemburu yang terlalu berlebihan justru akan mengacaukan dan mengganggu hubungan yang tadinya berjalan harmonis.

Beberapa orang pernah cemburu tanpa sebab yang jelas kepada pasangannya. Misal si dia telat mengabari dan membalas pesan karena sedang asyik main bersama temannya, dicemburui.

Cemburu memang salah satu tanda cinta, namun bila terus-terusan terjadi dan tanpa sebab yang jelas itu hanya akan membawa hubungan ke lingkaran yang toksik.

Mengganggu dan merusak ketenangan hubungan, berikut beberapa tips sederhana yang bisa mengatasi rasa cemburu kepada pasangan:

1. Kenali dan pahami perasaan sendiri dengan cara yang benar

Cobalah untuk memahami perasaan cemburu agar bisa mengatasinya dengan cara yang efektif. Apa pun alasannya, cobalah untuk menemukan akar penyebab mengapa kamu cemburu. Jangan terburu-buru menyimpulkan sesuatu.

Berikan wkatu untuk diri sendiri tentang mengapa hal tersebut terjadi. Terkadang kita sering merasa frustrasi dan malah memberi ruang untuk emosi hingga akhirnya hanya memperumit masalah yang ada.

2. Komunikasikan

Setelah memahami perasaan kamu sendiri dan menemukan alasan cemburu, cobalah untuk mengkomunikasikannya dengan pasangan. Ini adalah solusi terbaik untuk mengatasi rasa cemburu.

Baca juga: Tiara Marleen Kesal Doddy Sudrajat Dekat dengan Ayu Wisya: Cemburu Orang Kita Duluan Kenal

Kamu juga perlu mengingat sifat-sifat positif pasangan kamu saat merasa cemas. Tenangkan diri dengan mengingat-ingat kembali hal yang penting dalam hubungan yang kamu dan pasangan jalani.

3. Kepercayaan

Agar hubungan tetap terjaga, percayalah pada hubungan yang kamu jalin dengan pasangan. Kamu mungkin terlalu mengkhawatirkan hal-hal yang tidak diketahui dan belum pasti terjadi.

Pastikan kecemburuan tidak menyumbat pikiran kamu dan fokuslah memahami apa yang mungkin terjadi untuk meningkatkan kebahagiaan.

4. Berpikir sebelum bertindak

Kecemburuan seringkali memunculkan sifat marah dan dengan sifat seperti itu kamu bisa mengucapkan kata-kata yang menyakiti si dia. Dengan begitu, hubungan pun menjadi tidak harmonis.

Buang perasaan negatif yang menguasai dirimu. Bersikaplah lebih masuk akal dan berpikir panjang sebelum bertindak.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Dina
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US