The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lampion hingga Bunga Mekar, Ini Dekorasi Imlek yang Dipercaya Bisa Datangkan Keberuntungan
Pengurus klenteng mengganti lampion di Vihara Hok Tek Bio, Jalan Ampera, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (25/1/2022). (ANTARA/Adeng Bustomi)
Life

Lampion hingga Bunga Mekar, Ini Dekorasi Imlek yang Dipercaya Bisa Datangkan Keberuntungan

Dekorasi yang tak pernah terlewatkan.

Rabu, 26 Januari 2022 19:50 WIB 26 Januari 2022, 19:50 WIB

INDOZONE.ID - Tahun Baru Imlek tinggal hitungan hari, beberapa masyarakat Tionghoa sudah merampungkan dekorasi rumah mereka. Mereka biasanya mendekorasi rumah 10 hari sebelumnya dan hampir semua dekorasi didominasi warna merah.

Bagi masyarakat Tionghoa, warna merah adalah melambangkan keberuntungan. Setiap dekorasi dalam perayaan Imlek memiliki makna tersendiri dan diyakini bisa mendatangkan keberuntungan.

Mulai dari lampion hingga bunga mekar pun dipersiapkan sebagai dekorasi Imlek, berikut sederet dekorasi Imlek yang dipercaya bisa datangkan keberuntungan:

1. Lampion merah

Lampion merah dipercaya bisa mengusir nasib buruk. Karena itu, menjelang Imlek banyak lampion digantung di pinggir jalan, pohon, gedunh perkantoran hingga di depan rumah.

Baca juga: FOTO: Ribuan Lampion Hiasi Kota Pontianak Menjelang Imlek

2. Ukiran kertas

Masyarakat tionghoa biasanya akan menempel ukiran kertas di permukaan dinding atau kaca jendela rumah. Ukiran kertas ini memiliki detail simbol dengan makna yang berbeda-beda.

Seperti misalnya buah persik yang melambangkan umur panjang, pohon pinus diartikan awet muda, hingga pohon plum yang menandakan keberuntungan.

Gambar tanaman atau hewan yang menguntungkan biasanya memberikan tema ukiran kertas Tahun Baru. Setiap hewan atau tumbuhan mewakili keinginan yang berbeda. Ukiran kertas dipercaya mendatangkan kebahagiaan.

3. Lukisan tahun baru

Lukisan tahun baru biasa ditempel di pintu dan dinding selama perayaan untuk tujuan dekoratif dan sebagai simbol salam Tahun Baru. Gambar pada lukisan adalah sosok dan tanaman legendaris yang menguntungkan.

4. Pohon Kumquat

Masyarakat Tionghoa menganggap pohon kumquat di rumah bisa mendatangkan keberuntungan. Pohon ini juga melambangkan harapan dan kekayaan.

Pohon kumquat adalah tanaman yang sangat populer yang ditampilkan selama liburan Tahun Baru Imlek, terutama di daerah berbahasa Kanton China Selatan di Hong Kong, Makau, Guangdong, dan Guangxi.

5. Bunga Mekar

Masyarakat Tionghoa yang merayakan Imlek biasanya akan menghiasi rumah mereka dengan bunga mekar. Menghias bunga mekar diharapkan bisa mendatangkan kesejahteraan.

Tanaman mekar paling populer yang secara tradisional digunakan selama periode ini adalah: cabang bunga plum, anggrek, peony, dan bunga persik.

6. Karakter Fu terbalik

Mirip dengan kuplet Tahun Baru, karakter Fu terbalik berupa potongan kertas berbentuk ketupat yang ditempel di pintu atau atas pintu.

Fu berarti nasib baik dan orang yang menggunakan karakter Fu ini berarti mereka ingin nasib baik datang kepada orang-orang di rumah tersebut.

7. Kuplet pintu

Kuplet adalah karya kuas kaligrafi China, dengan tinta hitam di atas kertas merah. Kuplet Tahun Baru ditempel di pintu dengan tulisan berupa harapan atau pernyataan baik.

Dua garis yang biasanya terdiri dari tujuh (atau sembilan) karakter dari kuplet ditempelkan di kedua sisi ambang pintu. Kuplet ini ada yang tetap ditempel hingga tahun baru berikutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Dina
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US