Sering Terbangun Tengah Malam Saat Lagi Tidur? Mungkin Ini Penyebabnya
Ilustrasi. (Unsplash/Ben Blennerhassett)
Life

Sering Terbangun Tengah Malam Saat Lagi Tidur? Mungkin Ini Penyebabnya

Kalian suka gitu nggak guys?

Senin, 16 September 2019 15:56 WIB 16 September 2019, 15:56 WIB

INDOZONE.ID - Pernahkah kamu sedang tidur nyenyak lalu terbangun pada tengah malam? Biasanya jika sudah terbangun, kebanyakan orang akan sulit untuk tidur lagi dalam waktu yang singkat. 

Mereka kemudian akan menjadikan insomnia sebagai kambing hitam. Sebab apapun penyebabnya, jika mengalami kesulitan untuk tidur pasti akan dianggap insomnia.

Dilansir dari Independent, ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan orang–orang terbangun pada tengah malam:

1. Kondisi kamar tidur.

Suhu ruangan ternyata sangat berpengaruh terhadap nyenyaknya seseorang tidur pada malam hari. Biasanya, udara yang terlalu panas atau terlalu dingin akan membuat kamu sulit tertidur sehingga sangat disarankan untuk mengatur suhu ruangan antara 18-21 derajat Celcius.

2. Eksim.

Bagi penderita eksim, mereka akan merasakan gatal yang sangat berlebih pada malam hari. Dengan begitu, hal inilah yang menjadi penyebab mereka kesulitan untuk tidur dengan nyenyak. Bagi kamu penderita eksim, cobalah untuk berkonsultasi dengan spesialis kulit yang bisa memberikan kamu obat untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Sleep apnea.

Sleep apnea adalah penyebab umum seseorang terbangun di tengah malam. Gangguan ini menyebabkan napas pendek yang dapat menyebabkan seseorang terbangun beberapa kali permalam.

Dalam banyak kasus, seseorang bahkan tidak menyadari bahwa tidurnya terganggu. Seseorang dengan sleep apnea memiliki gejala-gejala seperti, sakit kepala di pagi hari, terengah-engah di malam hari, dan kelelahan siang hari.

Seseorang dengan sleep apnea juga suka mendengkur dan kesulitan berkonsentrasi pada siang hari.

4. Produksi urine berlebih.

Pada wanita hamil kondisi ini merupakan hal yang sangat normal. Namun, bagi kamu yang tidak sedang dalam masa kehamilan, maka hal ini dirasa akan sangat mengganggu waktu tidur pada malam hari. 

Produksi urine yang berlebih mengharuskan kamu untuk segera ke toilet pada tengah malam. Oleh sebab itu, hindari minum terlalu banyak sebelum tidur terutama teh atau kopi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Astrid Dwijayanti
Astrid

Astrid

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU