The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini 3 Dampak Negatif dari Perilaku Over Saver
Ilustrasi tabungan. (Freepik)
Life

Ini 3 Dampak Negatif dari Perilaku Over Saver

Apa saja?

Jumat, 02 Oktober 2020 16:20 WIB 02 Oktober 2020, 16:20 WIB

INDOZONE.ID - Meskipun saat ini kamu sudah bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Bisa saja kamu kehilangan sumber penghasilan utama atau ada keperluan mendadak lainnya yang membutuhkan banyak biaya. Oleh karena itu, sangat disarankan agar kamu memiliki tabungan.

Bagi orang yang gemar menabung, hal ini bukanlah suatu masalah besar. Apalagi saat seluruh kebutuhan telah terpenuhi dan masih ada sisa uang, mereka pasti akan mengarahkan uang tersebut ke dalam tabungan. Kegiatan menabung merupakan hal positif, namun jika dilakukan secara berlebihan, kamu bisa memiliki perilaku over-saver, lho!

Nah, berikut ini adalah tiga dampak negatif yang bisa kamu alami akibat perilaku over-saver tersebut. Apa saja?

1. Rasa Takut Berlebih saat Mengeluarkan Uang

takut
Ilustrasi rasa takut. (Freepik/Cookie Studio)

Perilaku over-saver dapat membuatmu merasa sangat takut untuk mengeluarkan uang meskipun digunakan untuk hal-hal penting. Kamu selalu berpikir bahwa barang-barang yang harus kamu beli suatu saat akan habis nilainya dan menjadi barang tidak berguna. Inilah yang menyebabkanmu enggan melakukan pembelian meskipun sebenarnya kamu sudah membutuhkannya.

2. Bekerja Keras Hanya untuk Mendapatkan Uang

kerja
Ilustrasi bekerja keras. (Freepik)

Saat kamu mengeluarkan uang meski dalam jumlah kecil, kamu langsung merasa khawatir secara berlebihan. Agar bisa mengatasi hal tersebut, kamu akan bekerja dengan keras untuk menutupi uang yang sudah kamu keluarkan. Bekerja hanya untuk uang sangat tidak sehat, sebab kamu akan sulit merasa bahagia. Kemudian, hidupmu pun akan sulit mendapatkan ketenangan.

3. Sulit Membuat Perencanaan Masa Depan yang Jelas

rencana
Ilustrasi membuat rencana. (Freepik)

Pada umumnya, seseorang akan menyisihkan sebagian uangnya untuk membeli barang yang sudah ia rencanakan. Bahkan menabung biasanya digunakan untuk mewujudkan keinginan yang lebih besar seperti membeli rumah, melangsungkan pernikahan, atau berlibur ke luar negeri.

Namun, para pemilik perilaku over-saver tidak bisa seperti itu, sebab mereka terlalu takut mengeluarkan uang dan akan terus mengumpulkan uang hingga menumpuk. Akibatnya, mereka tidak pernah tahu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan tabungan tersebut.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US