The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Negara dengan Gaji Guru Tertinggi di Dunia, Ada yang Sampai Rp85 Juta
Ilustrasi guru. (Pixabay)
Life

5 Negara dengan Gaji Guru Tertinggi di Dunia, Ada yang Sampai Rp85 Juta

Pahlawan tanpa tanda jasa.

Kamis, 25 November 2021 11:50 WIB 25 November 2021, 11:50 WIB

INDOZONE.ID - Guru merupakan salah satu profesi yang sangat mulia. Begitu besar pengorbanan yang dilakukan seorang guru untuk mencerdaskan anak bangsa. Tak heran jika guru dijuluki sebagai sosok 'Pahlawan Tanpa Tanda Jasa'.

Bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional 2021, perbincangan mengenai kesejahteraan guru di Tanah Air selalu menuai sorotan. Masih banyak guru di Indonesia yang hidupnya dianggap kurang beruntung.

Entah itu karena gajinya yang kecil atau statusnya yang masih honorer membuat kesejahteraan guru di Indonesia masih jauh dari kata layak.

Kondisi itu tentu saja tidak berlaku di luar negeri. Guru menjadi salah satu profesi yang dihargai dan digaji dengan sangat tinggi. Bahkan, di beberapa negara, gaji guru bisa mencapai puluhan juta rupiah, lho!

Baca juga: 6 Mitos tentang Profesi Guru yang Bikin Orang Takut untuk Mengajar

Dilansir Go Overseas, setidaknya ada 5 negara di dunia yang menggaji guru sangat tinggi. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Uni Emirat Arab

negara dengan gaji guru tertinggi
Uni Emirat Arab. (Pixabay)

Sebagai negara di Teluk Arab, Uni Emirat Arab termasuk sebagai negara dengan ekonomi yang maju. Tak heran jika biaya hidup di negara tersebut juga tergolong mahal.

Hal itu berimbas pada gaji guru yang dibayarkan. Di dua kota besar Uni Emirat Arab seperti Abu Dhabi dan Dubai misalnya, profesi guru digaji mulai dari 3.500 dollar AS hingga 6.000 dollar AS atau sekitar Rp50 juta sampai Rp85 juta per bulan.

Selain menerima gaji, para guru juga menerima tunjangan lainnya berupa perumahan dan kesehatan. Guru juga dibebaskan dari kewajiban membayar pajak.

2. Jepang

negara dengan gaji guru tertinggi
Jepang. (Pixabay)

Sebagai salah satu negara maju di dunia, Jepang sangat menghargai profesi seorang guru. Bayangkan saja, guru di Negeri Sakura itu digaji sekitar 2.200 dollar AS hingga 5.000 dollar AS atau sekitar Rp30 juta sampai Rp71 juta.

Namun, untuk menjadi guru di Jepang tidaklah mudah. Meski tidak dibebankan dengan pengalaman mengajar, namun budaya Jepang yang dikenal sangat kompetitif membuat persaingan menjadi guru sangat tinggi.

Besaran gaji yang diterima para guru juga berdasarkan pada pengalaman serta sertifikasi yang dimiliki. Namun pada umumnya, gaji guru di Jepang memang sangat tinggi.

3. Korea Selatan

negara dengan gaji guru tertinggi
Korea Selatan. (Pixabay)

From Nothing to Something, itulah istilah yang cocok untuk menggambarkan negara Korea Selatan. Berawal dari negara miskin hingga kini dikategorikan sebagai salah negara maju dengan kekuatan ekonomi terbesar.

Korea Selatan menjadi negara maju karena berinvestasi pada pendidikan sejak awal kemerdekaannya. Jadi tak heran jika profesi guru di Negeri Ginseng itu sangat dihargai.

Guru di Korea Selatan digaji sekitar 1.600 dollar AS hingga 2.650 dollar AS atau sekitar Rp22 juta sampai Rp37 juta.

4. Arab Saudi

negara dengan gaji guru tertinggi
Arab Saudi. (Pixabay)

Arab Saudi menjadi salah satu negara yang sangat menghargai profesi guru. Kesejahteraan guru di negara itu sangat dijamin oleh pemerintahnya.

Setiap bulannya, seorang guru digaji sekitar 3.000 dollar AS hingga 4.000 dollar AS atau sekitar Rp42 juta sampai Rp57 juta.

Tidak hanya diberikan gaji, guru juga diberikan tunjangan lainnya berupa perumahan serta perawatan.

Namun untuk menjadi guru di Arab Saudi tidaklah muda, meski tidak dibebankan harus memiliki sertifikasi, seorang calon guru setidaknya harus memiliki pengalaman mengajar.

5. Singapura

negara dengan gaji guru tertinggi
Singapura. (Pixabay)

Singapura termasuk sebagai salah satu negara yang menggaji guru sangat tinggi. Tak heran jika pendidikan Singapura menjadi yang terbaik di dunia.

Dalam sebulannya, guru di Singapura digaji sekitar 3.500 dollar AS atau sekitar Rp50 juta rupiah.

Namun untuk menjadi seorang guru di Singapura, calon guru harus memiliki pengalaman serta sertifikasi yang sudah ditetapkan sesuai standar pemerintah.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Nanda
Dina

Dina

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US