The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini yang akan Kamu Dapatkan Bila Rehat dari Media Sosial Seminggu
Ilustrasi berselancar di media sosial. (Pexels/Rawpixel)
Life

Ini yang akan Kamu Dapatkan Bila Rehat dari Media Sosial Seminggu

Sabtu, 21 Mei 2022 08:48 WIB 21 Mei 2022, 08:48 WIB

INDOZONE.ID - Mengurangi berselancar di media sosial terbukti bisa mengurangi depresi dan gangguan kecemasan. Adapun media sosial yang dimaksud yaitu seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Satu minggu rehat dari media sosial cukup bisa menenangkan dan me-refresh pikiran. Penelitian ini sendiri dilakukan oleh dr Jeff Lembert bersama timnya dari Universitas Bath.

Penelitian tersebut melibatkan dua kelompok pada 154 pengguna media sosial harian antara usia 18 sampai 72 tahun.

Kelompok pertama kemudian diminta untuk menahan diri menggunakan media sosial selama satu minggu. Sementara, kelompok kedua diizinkan untuk melanjutkan bermedia sosial seperti biasa.

Dikutip dari Antara, direktur program DSW di Tulane University School of Social Work Dr. Tonya Cross Hansel berpendapat bahwa media sosial memang memainkan peran positif saat pandemi karena menjadi alat untuk penyambung silaturahmi.

Baca juga: Berbicara di Gedung Putih, Selena Gomez Ungkap Perjuangannya Melawan Kesehatan Mental

Namun, di sisi lain media sosial bisa memberi pengaruh buruk pada seseorang, terutama pada mental.

Misalnya, identitas digital palsu serta perbandingan terus-menerus dengan kehidupan palsu. Hal tersebut bisa menumbuhkan perasaan sedih karena menganggap dirinya tidak sesuai standar.

Media sosial juga membuka peluang terjadinya perundungan hingga membuat suasana hati jadi memburuk.

Jika kamu terlalu banyak menerima energi negatif dari media sosial, sebaiknya rehat sejenak dari media sosial. Kemudian, selama rehat, pengguna bisa merenungkan kembali manfaat media sosial untuk dirinya.

Jika media sosial menjadi cara pengguna agar tetap terhubung dengan orang lain, Hansel menyarakan untuk menelepon teman dan keluarga.

Kemudian, jika media sosial menjadi alasan perawatan diri, maka cari alternatif lain seperti melakukan olahraga atau hobi baru.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Dina
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US