The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gara-gara Perempuan Cibuntu Ini, Tahu Bandung jadi Go International
Rosi Meilani (IDZ Creator Community)
Life

Gara-gara Perempuan Cibuntu Ini, Tahu Bandung jadi Go International

Jumat, 26 November 2021 15:57 WIB 26 November 2021, 15:57 WIB

INDOZONE.ID - Penggemar tahu Bandung di Inggris, merapat! Buat yang rindu menikmati lembut dan gurihnya tahu kuning Bandung, ada solusinya nih. Karena seorang WNI asal Cibuntu, Bandung, Yulianti Ajid Ali, kini memproduksi tahu tersebut dari dapur rumahnya di kawasan Romford, sebelah timur London.

Bukan tanpa alasan. Selama menetap di Inggris sejak tahun 1999, Yuli begitu merindukan tahu kuning yang jarang ia temui di pasaran. Kebanyakan, supermarket menjual tahu putih yang menurutnya terasa hambar, berbeda dengan tahu kuning khas Bandung yang gurih. 

pengusaha tahu, jualan tahu di inggris, penjual tahu bandung
Rosi Meilani (IDZ Creator Community)

Memutar otak, masa pandemi Covid-19 pun menjadi awal mula Yuli membuat tahu kuning khas Bandung. Berbekal ilmu dari tanah kelahirannya yang terkenal sebagai pusat produksi tahu, Yuli membuat tahu Bandung pada Maret 2020 dan menjualnya secara online, dengan label Yuli's Kitchen. Siapa sangka, antusiasme pelanggannya cukup tinggi. Pembeli bukan hanya warga sekitar melainkan dari seluruh wilayah Inggris Raya, seperti Mainland dan Irlandia. Bukan cuma WNI, banyak juga warga asing yang menyukai tahu buatan Yuli.

pengusaha tahu di inggris, tahu bandung enak
Rosi Meilani (IDZ Creator Community)

Kalau saat lockdown Yuli menjual tahu secara online, ketika lockdown di Inggris sudah dibuka, Yuli rajin menjual produknya secara offline di acara perkumpulan WNI di sana. Selain London, Yuli juga pernah berjualan di kota Surrey dan Bristol. Dalam momen inilah Yuli juga menjual aneka camilan berbahan tahu seperti batagor, tahu bakso dan tahu isi. 

tahu bakso, batagor, tahu bandung
Rosi Meilani (IDZ Creator Community)

Tahu Bandung buatan Yuli dibanderol seharga 3,5 Pound sterling atau Rp65 ribu per bungkus isi 6 buah, dan Rp190 ribu atau 10 Pound sterling untuk pembelian 3 bungkus tahu. 

Sekarang kamu tahu kan, kalau tahu sudah go international. Makanya jangan gengsi makan tahu. Orang di Inggris saja makan tahu, masa kamu enggak?



TAG
Rini Puspita
Rosi Meilani
Rosi Meilani

Rosi Meilani

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US