The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Cara Agar Terbebas dari Luka Batin dan Hal-Hal yang Memberatkan Kehidupan
Ilustrasi berdamai dengan luka batin (Unsplash/William Farlow)
Life

5 Cara Agar Terbebas dari Luka Batin dan Hal-Hal yang Memberatkan Kehidupan

Agar hidup lebih baik.

Jumat, 07 Januari 2022 17:00 WIB 07 Januari 2022, 17:00 WIB

INDOZONE.ID - Dalam perjalanan hidup, semua orang pasti pernah mengalami titik terendah yang amat membekas hingga mungkin meninggalkan trauma. Kondisi tersebut menimbulkan luka batin yang jika tak disembuhkan maka akan semakin menyulitkan kehidupan.

Sayangnya tak semua orang paham bagaimana cara agar terbebas dari luka batin. Hal ini terbukti dari banyaknya orang yang depresi karena tak bisa berdamai dengan luka masa lalunya.

Cara agar terbebas dari luka batin?

Mengutip dari laman SehatQ, agar bisa sembuh dari luka batin seseorang harus melakukan self healing. Self healing merupakan proses pemulihan gangguan psikologis, trauma, dan semacamnya yang disebabkan karena adanya luka batin di masa lalu.

Baca juga: Jangan Terus Bersedih, Ini 5 Rekomendasi Lagu 'Self Healing' yang Tenangkan Hati

Self healing adalah proses penyembuhan yang hanya melibatkan diri sendiri. Sebab untuk bangkit dari penderitaan yang pernah dialami, seseorang harus paham dan sepenuhnya menerima keadaan dirinya.

Cara melakukan self healing

1. Menerima diri sendiri

meditasi (Freepik/pressfoto)
Ilustrasi meditasi (Freepik/pressfoto)

Hal pertama yang harus dilakukan agar bisa berdamai dengan luka batin ialah menerima keadaan diri. Cobalah untuk bersikap bijak dengan apa-apa yang sudah terjadi.

Kesalahn di masa lalu mungkin sangat sulit untuk dilupakan, namun kesalahan-kesalahan itu bisa diperbaiki di masa depan. Jadi berhentilah melihat ke belakang dan mulai menatap masa depan.

2. Memaafkan diri

memaafkan diri (Unsplash/choco)
Ilustrasi memaafkan diri (Unsplash/choco)

Mungkin kamu menyebabkan sesuatu hal buruk terjadi, menghancurkan hati seseorang dan gagal dalam meraih sesuatu yang diinginkan. Tetapi hidup dengan rasa bersalah terus-menerus hanya akan merugikan diri sendiri.

Karena itu maafkanlah dirimu. Sadari bahwa membawa beban emosional dari masa lalu ke masa depan, hanya mencegah kamu untuk hidup bahagia.

3. Berhenti jadi pengecut

menenangkn diri (Pixabay/Pexeels)
Ilustrasi menenangkn diri (Pixabay/Pexeels)

Luka batin yang dipelihara hanya akan membuatmu menjadi pribadi pengecut. Kamu akan menjadi seorang yang penakut dan senantiasa bersembunyi dibalik topeng.

Oleh sebab  itu berhentilah berpura-pura bahagia selama masih ada luka masa lalu yang membebanimu. Lepaskan luka itu dan bagkitlah untuk merajt mimpi-mimpi mu.

4. Sibukkan diri

bernyanyi (Pixabay/goodlife)
Ilustrasi bernyanyi (Pixabay/goodlife)

Setelah agak sedikit lega dengan keadan dirimu, ini waktunya kamu bangkit. Carilah kegiatan positif untuk menyibukkan dirimu.

Kamu bisa mulai dengan melakukan hal-hal yang kamu senangi. Lakukan hal tersebut terus menerus

5. Sayangi diri

merawat diri (Pixabay/asdf)
Ilustrasi merawat diri (Pixabay/asdf)

Agar luka batinmu tak kembali muncul atau agar kamu tak terluka lagi, makan mulailah menyayangi dirimu. Sadari dirimu adalah seutuhnya otoritasmu.

Kamu wajib merawatnya dengan beristirahat yang cukup, maka makanan bergizi, olahraga teratur hingga mengisi kapasitasmu. Pahami hanya kamu yang paling mengena siapa dirimu dan hanya kamu yang bisa membawa dirimu bagit dari setiap keterpurukan dalam hidup.


Artikel Menarik Lainnya:




TAG
Abul Muamar
Anisa Rizwani
JOIN US
JOIN US