The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Cara Menagih Hutang ke Teman Yang Ampuh, Bikin 'Ketar-Ketir' Segera Bayar
Ilustrasi menagih utang. (Pixabay/janeb13)
Life

5 Cara Menagih Hutang ke Teman Yang Ampuh, Bikin 'Ketar-Ketir' Segera Bayar

Jumat, 01 Oktober 2021 21:28 WIB 01 Oktober 2021, 21:28 WIB

INDOZONE.ID - Pinjam uang dong? Aku belum makan ni, ntar gajian aku pasti bayar. Kalimat 'horor' itu pasti pernah dilontarkan temanmu kan?

Ya, namanya juga teman mau gak mau kita harus bantu supaya hubungan pertemanan tetap terjaga.

Memang sih, menghadapi orang yang minjam uang ke kita itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Tergantung orangnya juga, kadang ada yang tau diri mau bayar tapi sialnya ada juga yang pura-pura lupa pas ditagih.

Penulis ngerti, kalau dapat teman yang suka ingkar janji bayar hutang pasti bikin kita mumet. Kalau pas nagih, pasti ada aja alasan si doi sampai-sampai kita jadi segan buat nagih lagi.

Cara Menagih Hutang Paling Ampuh ke Teman

Masalah uang memang salah satu hal yang sensitif untuk dibahas. Bahkan, hal itu bisa bikin hubungan baikmu dengan teman jadi rusak.

Tak jarang, orang yang punya hutang malah lebih ketus saat ditagih soal hutangnya.

Nah dari pada pusing, berikut ini INDOZONE akan bagikan cara menagih hutang yang efektif ke biar kamu dan teman sama-sama senang.

1. Pertama Coba Tagih Pakai Cara Halus

cara menagih hutang efektif
Ilustrasi menagih hutang. (Unsplash/@linkedinsalesnavigator)

Saat ini, gak jarang orang yang dipinjemin uang malah lebih galak dari yang minjemin. Aneh kan? Iya, tapi banyak kejadian gitu.

Akibatnya, si pemberi hutang jadi nyerah duluan karena segan dan bingun cara nagih hutang yang baik. Lah nyerah? Jangan dong!

Sudah saatnya nih kamu beranikan diri untuk meminta hakmu kembali. Pertama coba deh kamu lakukan dengan cara yang halus atau dengan sindiran. Coba beberkan beberapa alasan kenapa kamu butuh banget uang yang dipinjamkan.

Contohnya: Sul! (Sebut saja namanya Samsul), aku boleh minjem uangmu gak? Lagi butuh banget nih, mendadak banget. Gak besar kok, (sebutkan sebesar uang yang kamu pinjamkan).

Nah, pasti dia kesindir tuh kan. Langsung keingat kalau dia punya hutang yang belum dibayarnya.

Kalau cara ini gak berhasil kita coba cara yang lain. Hayuk!!

2. Tegas Tapi Jangan Ngengas

cara menagih hutang ke teman
Ilustrasi menagih hutang. (Unsplash/@wocintechchat)

Nah ini, cara yang paling berani adalah secara terang-terangan bilang ke si pengutang untuk segera bayar hutangnya.

'Sul, kapan mau bayar hutangmu kemarin pas kita makan seblak? Aku lagi butuh banget nih. Tolong dibayar dong'.

Contoh nagih hutang di atas adalah cara yang to the point tanpa basa basi. Kalau bisa kamu sering aja nagih hutang ke orang yang dipinjemin, biar dia 'kocar kacir' dan merasa makin bertanggung jawab untuk segera bayar hutangnya.

Kalau kamu malas buat nagih, si penghutang yang tak tau diri itu kadang jadi merasa malas dan pura-pura lupa. Jadi beranikan aja diri aja buat nagih ya.

Kalau masih gagal, coba cara yang lain lagi,, hayuk!

3. Minta Dia yang Bayar Saat Pergi Bersama

cara menagih hutang yang efektif
Ilustrasi menagih hutang. (Unsplash/Ashkan Forouzani)

Jika kamu lagi pergi bersama untuk makan atau hanya sekedar jalan-jalan ke mal, ingatkan dia bahwa uangmu masih ada padanya.

Dengan suara lembut dan tegas, mintalah ia untuk membayarkan makan atau belanjaan karena uangmu masih ada padanya.

Syukur-syukur dia jadi risih dan lambat laun akan bayar semua hutangnya.

4. Tagih Lewat Anggota Keluarganya

menagih hutang teman
Ilustrasi menagih hutang. (Unsplash/@linkedinsalesnavigator)

Tampaknya kita memang harus melibatkan keluarganya nih. Cara ini biasanya adalah cara yang ampuh untuk menagih hutang.

Kamu bisa bicara dengan saudaranya, orang tuanya dan pihak keluarganya yang lain. Harapannya, nanti keluarga si penghutanglah yang akan mengingatkan dan 'memarahinya' untuk langsung segera membayar hutangnya.

5. Bikin perjanjian pakai surat bermaterai

cara menagih hutang ke teman efektif
Ilustrasi menulis surat perjanjian hutang. (Unsplash/@homajob)

Baiknya sih, surat perjanjian bermaterai ini dibuat di awal saat temanmu meminjam uang. Tapi kalau memang sudah terlanjut, ya baiknya kamu datangi dia dan berikan tenggat waktu baru lagi kepadanya.

Namun kali ini, mintalah ia untuk menandatangani surat perjanjian tenggat waktu di atas materai itu.

Cara ini gak berlebihan kok. Supaya dia bisa ngerti kalau kamu benar-benar serius dengan persoalan hutang. Jadi dia juga serius buat bayar hutangnya.

Kalau masih gagal juga bagaimana? Haduh repot, kok ada orang kayak gitu ya?

Bagusnya pakai cara apa nih guys!

TAG
Zal
Zal

Zal

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US