The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Deretan Peristiwa Bersejarah yang Terjadi Hari Ini Tanggal 7 Maret
Ilustrasi pesawat garuda Indonesia. (Dok/Indozone)
Life

Ini Deretan Peristiwa Bersejarah yang Terjadi Hari Ini Tanggal 7 Maret

Sabtu, 07 Maret 2020 12:30 WIB 07 Maret 2020, 12:30 WIB

INDOZONE.ID - Setiap peristiwa penting bisa terjadi kapan saja. Seperti yang terjadi pada tanggal 7 Maret. Ada beberapa peristiwa penting dan dianggap bersejarah yang terjadi di dalam dan luar negeri.

Mulai dari kejadian jatuhnya pesawat garuda Indonesia sampai meninggalnya Aristoteles. Seperti semboyan Soekarno "Jasmerah" (Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah), maka kita perlu mengenang peristiwa bersejarah tanggal 7 Maret ini. Apa saja? Berikut ulasannya yang dirangkum dari Wikipedia.org.

1. Tanggal 7 Maret 2007 (Insiden Pesawat Garuda Indonesia Jatuh)

peristiwa bersejarah 7 maret
Ilustrasi Pesawat Garuda Indonesia. (Dok/Indozone)

Sekitar pukul 07.05 WIB tanggal 7 Maret 2007, pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-200 mengalami kecelakaan. Pesawat tersebut jatuh dan terbakar saat mendarat di Bandara Adisucipto, Yogyakarta.

Sejumlah orang penting ada dalam pesawat yang naas itu. Di antaranya, mantan ketua umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, kriminolog Adrianus Meliala, dan mantan rektor UGM Yogyakarta Profesor Dr Kusnadi Hardjosumantri.

Berdasarkan keterangan dari saksi mata kala itu, kecelakaan tersebut dipicu dari runtuhnya landing gear depan ketika mendarat sehingga timbul percikan api. Kemudian, badan pesawat terbelah memanjang dari bagian kabin hingga ekor, sedangkan salah satu sayapnya pecah dan terbelah.  

2. Tanggal 7 Maret 1967 (MPRS Cabut Mandat Soekarno)

peristiwa bersejarah 7 Maret
Soekarno. (id.wikipedia.org)

Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) mencabut mandat presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno pada 7 Maret 1967. MPRS sendiri dibentuk atas Dekret Presiden 5 Juli 1959 yang dikeluarkan oleh Soekarno.  MPRS juga merupakan dasar dari lembaga tertinggi negara yakni Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPRS).

3. Tanggal 7 Maret 1876 (Alexander Graham Bell Memperoleh Hak Paten Telepon)

peristiwa bersejarah 7 Maret
Alexander Graham Bell. (id.wikipedia.org)

Seperti diketahui Alexander Graham Bell adalah penemu telepon. Lalu pada 7 Maret 1876, hak paten penemuan telepon diberikan kepada Alexander Graham Bell.

4. Tanggal 7 Maret 322 SM (Filsuf Yunani Aritoteles Wafat)

peristiwa 7 Maret
Aristoteles. (id.wikipedia.org)

Aristoteles wafat tahun 322 SM di usia 61 tahun. Seperti diketahui Aristoteles merupakan filsuf Yunani murid dari Plato dan guru dari Alexander Agung. Aristoteles sudah menulis banyak subjek berbeda, seperti fisika, metafisika, puisi, logika, retorika, politik, pemerintahan, etnis, biologi, dan zoologi.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Fahrizal Daulay
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US