Manfaat Ciuman Menurut Para Ahli, Salah Satunya Buat Hubungan Langgeng
ilustrasi/pexels
Life

Manfaat Ciuman Menurut Para Ahli, Salah Satunya Buat Hubungan Langgeng

Selasa, 03 Desember 2019 15:13 WIB 03 Desember 2019, 15:13 WIB

INDOZONE.ID - Sebagian orang tentu tau bahwa ciuman bibir memiliki manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan suasana hati, mengurangi stres dan panjang umur. Tak hanya itu, ciuman juga bisa mengungkapkan informasi relevan yang mengalir ke otak.

Berdasarkan sebuah penelitian, saat seseorang berciuman, itu artinya kedua orang tesebut sedang bertukar informasi yang jarang disadari. Otak akan menganalisis cara berciuman dan membuat keputusan yang secara tak sadar dapat memprediksi nasib hubungan kedepannya.

Para ilmuwan dari Universitas Oxford menjelaskan bahwa ciuman dapat membuat kita menemukan, menilai dan menjaga pasangan dalam jangka waktu yang panjang.

Studi yang dilakukan itu juga menunjukkan bahwa wanita lebih selektif untuk memilih pasangan yang bisa diajak ke hubungan lebih serius dalam jangka waktu panjang. Dan ciuman adalah salah satu cara wanita untuk menilai pasangannya.

Ciuman bisa membuat bahagia

ciuman
ilustrasi/pexels

Salah satu cara untuk memperkuat hubungan ialah dengan ciuman. Saat ciuman, bibir yang dipenuhi saraf sensorik akan mendorong otak melepaskan hormon oksitosin (hormon cinta), sehingga akan membuat pasangan yang berciuman lebih bahagia.

Selain itu, ciuman juga berfungsi untuk meningkatkan keintiman dan kepercayaan sehingga hubungan dengan pasangan lebih kuat. Tak hanya itu, ciuman juga dapat mengurangi kadar kortisol atau hormon stres. Itulah kenapa ketika berciuman, perasaan stres dalam diri seseorang akan berkurang.

Media pemeriksaan kesehatan pasangan

ciuman
ilustrasi/pexels

Dengan berciuman juga dapat membuat kita memeriksa kondisi kesehatan pasangan. Pemeriksaan ini bisa terlihat dari napas dan rasa pasangan saat berciuman. Bau mulut dari pasangan menandakan adanya masalah kesehatan yang sedang terjadi.

Saat dua orang berciuman, maka terjadi pertukaran zat berminyak yang disebut sebum. Zat yang diproduksi oleh kelenjar tubuh ini mengandung feromon, yaitu zat untuk mengungkapkan informasi berharga tentang susunan biologis seseorang.

Selain itu, zat ini akan memberi tahu informasi yang membuat otak bertanya-tanya apakah orang tersebut bisa diajak untuk memulai hubungan yang baik dalam rumah tangga. Namun, ini sering tidak disadari oleh dua orang yang sedang berciuman.

Ciuman menentukan sebuah hubungan

ciuman
ilustrasi/pexels

Selain manfaat ciuman seperti yang sudah dijelaskan di atas, ciuman juga dapat menentukan nasib sebuah hubungan. Ketika seseorang merasa senang dengan ciuman yang dilakukan, maka ia meyakini bahwa hubungan itu bisa dilanjutkan dan dipertahankan. Begitu juga sebaliknya, saat seseorang merasa ciumannya buruk, maka ia merasa hubungan itu tak bisa dilanjutkan.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU