The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sulit Atur Emosi saat Pandemi, Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi marah. (Pexels/Engin Akyurt)
Life

Sulit Atur Emosi saat Pandemi, Begini Cara Mengatasinya

Coba yuk.

Senin, 26 Oktober 2020 17:36 WIB 26 Oktober 2020, 17:36 WIB

INDOZONE.ID - Pandemi virus corona yang belum juga berakhir dapat menimbulkan stres. Jika sudah begini, emosi pun sulit dikontrol.

Hal ini juga dapat dialami orangtua dengan anak yang masih kecil. Tak hanya mengurusi aktivitas sehari-harinya, terkadang emosi tersulut hanya karena tingkah sepele dari si kecil. Apalagi ditambah tugas School From Home (SFH) si kecil yang cukup banyak.

"Banyak perubahan dan kondisi terus-menerus membuat kita lebih susah mengatur emosi dan cepat baper. Kalau kita nggak capek, anak rewel, ya wajar kalau anak rewel. Kalau kita capek, dia rewel, kita ikut rewel," kata Psikolog Anak, Saskhya Aulia Prima dalam webinar baru-baru ini.

Emosi yang mudah muncul ini harus diatasi agar tidak menimbulkan masalah yang lebih parah. Saskhya pun membeberkan beberapa cara mengatur emosi di masa pandemi.

Pertama, jalankan rutinitas secara konsisten seperti makan dan mandi. Sebab, otak manusia senang dan aman dengan rutinitas yang sudah bisa diprediksi.

Kedua, menjaga gaya hidup sehat selama di rumah. Hal ini akan membantu seseorang mengatasi emosinya dengan baik.

"Jaga lifestyle dari makanan, olahraga, dan manajemen stres yang sehat. Karena makan sehat, hidup sehat itu membantu kita punya mental yang sehat juga," ujar Saskhya.

Ketiga, kita perlu menyediakan waktu setiap hari untuk mengajak ngobrol diri sendiri dan menuliskan atau memikirkan daftar bersyukur harian.

"Kita suka nanya kabar teman kita, pasangan, anak, tapi kabar diri kita enggak ditanyain. Padahal kalau kita ngobrol (dengan diri sendiri), 'Kamu hari ini perasaannya gimana?', karena yang bahagia harus kita sendiri dulu," lanjutnya.

Terakhir, melakukan kontak sosial dengan sahabat atau keluarga dapat membantu mengatasi emosi dalam diri. Termasuk menghabiskan waktu berkualitas bersama pasangan. Untuk tetap terhubung dengan orang sahabat, kamu bisa memanfaatkan teknologi.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US