The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hadapi New Normal, Masyarakat Diminta Jangan Takut
Ilustrasi kehidupan new normal di tengah pandemi virus corona.(freepik)
Life

Hadapi New Normal, Masyarakat Diminta Jangan Takut

Anggap saja gaya hidup baru.

Sabtu, 30 Mei 2020 22:24 WIB 30 Mei 2020, 22:24 WIB

INDOZONE.ID - New Normal, masa transisi di tengah virus corona atau dengan kata lain hidup berdampingan dengan Covid-19. Ada banyak pertimbangan yang dilakukan menghadapi era tersebut, termasuk menjaga kebersihan.

Hal itu sesuai dengan penjelasan pakar epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair) Dr. Muhammad Atoillah Isfandiari dr., M.Kes. Dia mendefinisikan New Normal sebagai pola hidup baru. 

“Tahapannya biasanya begini. Awalnya kan terpaksa, kemudian jadi biasa, baru setelah itu jadi budaya dan jadi bagian dari karakter kita,” kata Atoillah saat dihubungi Indozone via Humas Unair, Sabtu (30/5/2020).

Menurutnya, era new normal sebenarnya sudah banyak dijalankan masyarakat di tengah pandemi virus corona. Salah satunya, dengan menggunakan bantuan daring. Misalnya, bila bekerja dilakukan di kantor, kini work from home dengan sambungan internet.

"Selama pandemi Covid-19 berlangsung, banyak kegiatan di luar rumah, seperti bekerja, sekolah, belanja, konsultasi dokter, dan diskusi dilakukan secara online dari rumah. Kebiasaan ini menjadi tolak ukur diterapkannya New Normal di Indonesia," paparnya.

new normal
Ilustrasi era new normal.(freepik)

Dia berpendapat, New Normal memiliki dua dimensi, yaitu personal dan kelompok.  Dimensi personal lebih kepada kesadaran diri, seperti bersalaman saat bertemu.

Sedangkan dimensi kelompok atau komunitas berupa aturan yang dibuat oleh pemerintah kepada masyarakat agar patuh dan memiliki landasan hukum. 

“Kalau dimensi personal tak mungkin diberi aturan, lebih kepada kesadaran setiap orang. Tapi kalau komunitas, harusnya memang bisa dibuat aturan untuk dipatuhi,” ungkapnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US