The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Tradisi Lebaran yang Bisa Dilakukan Meski di Rumah
Ilustrasi merayakan Idul Fitri di rumah. (freepik)
Life

5 Tradisi Lebaran yang Bisa Dilakukan Meski di Rumah

Kamu bisa lakukan ini.

Jumat, 22 Mei 2020 16:10 WIB 22 Mei 2020, 16:10 WIB

INDOZONE.ID - Jelang tiga hari menuju Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, masyarakat tengah disibukkan dengan beragam aktivitas. Mulai dari bikin kue Lebaran sampai bersih-bersih rumah. Akibat meningkatnya kasus pandemi virus corona di Indonesia, pemerintah telah meresmikan kebijakan PSBB dan larangan mudik.

Meskipun tahun ini gagal mudik, kamu tetap bisa merayakan tradisi Lebaran tanpa harus pulang kampung. Suasana Lebaran akan tetap terasa menggembirakan meskipun hanya berkumpul dengan keluarga inti saja.

Berikut ini deratan tradisi Lebaran yang bisa dilakukan di rumah yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/5/2020).

1. Kompak Memakai Busana Lebaran Seragam

5 Tradisi Lebaran yang Bisa Dilakukan Meski di Rumah
Ilustrasi kompak memakai busana seragam. (freepik)

Memakai busana seragam di hari Lebaran sudah menjadi tradisi yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia. Mulai dari bahan, warna sampai model busana. Ada kepuasan dan kebahagian tersendiri yang dirasakan saat mengenakan busana yang sama dengan anggota keluarga lainnya.

Bahkan, beberapa di antaranya memilih untuk menjahit busana khusus untuk dipakai saat Lebaran. Kekompakan busana Lebaran ini akan semakin apik ketika mengabadikannya dalam sebuah wefie alias foto bersama. Kemudian mengunggahnya ke laman media sosial.

2. Silaturahmi Virtual

5 Tradisi Lebaran yang Bisa Dilakukan Meski di Rumah
Ilustrasi video call. (Pexels/Vlada Karpovich)

Siapa bilang PSBB menyurutkan antusias kita untuk bersilaturahmi. Di era digital ini jarak bukan lagi jadi halangan. Kamu bisa memanfaatkan berbagai layanan komunikasi virtual seperti telepon, chatting, video call, dan lainnya.

Melalui layanan ini kamu dan keluarga bisa merayakan hari Lebaran secara virtual. Dan yang terpenting pastikan kuota dan jaringan kamu dalam kondisi optimal ya.

3. Bagi-bagi Angpau

5 Tradisi Lebaran yang Bisa Dilakukan Meski di Rumah
Ilustrasi mengirim angpau. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagi-bagi angpau jadi bagian yang paling ditunggu-tunggu saat Lebaran. Saat lebaran sebelumnya, kita rutin melihat antrian dari saudara-saudara yang ingin mendapatkan angpau. Namun, kali ini kamu tetap bisa memberikan angpau melalui layanan transfer mobile banking atau ATM.

4. Makan Ketupat

5 Tradisi Lebaran yang Bisa Dilakukan Meski di Rumah
Ilustrasi makan. (freepik)

Menikmati sajian opor, sayur labu, opor ayam, rendang dan yang lainnya menjadi tradisi yang tak bisa dipisahkan dari Lebaran. Panganan santan ini memang menjadi ikonik Lebaran selain kue kering. Agar suasana makan ketupat tetap ramai, kamu bisa makan ketupat sambil video call dengan keluarga besar, pasti seru banget.

5. Mengirimkan Hampers

5 Tradisi Lebaran yang Bisa Dilakukan Meski di Rumah
Ilustrasi mengirim hampers. (freepik)

Hampers atau parcel juga jadi tradisi saat Lebaran untuk berkirim salam jarak jauh. Biasanya hampers atau parcel berisikan makanan, minuman, atau barang rumah tangga. Namun, hampers kekinian isinya jauh lebih variatif. Saat social distancing kini saling kirim hampers jadi pilihan yang tepat.


Itulah tradisi-tradisi lebaran yang tetap bisa dilakukan di tengah social distancing. Ada hal menarik lainnya yang kamu tau?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Yulia Marianti
Syarifah Noer Aulia

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US