The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Trik Jitu Ubah Kebiasaan Makan Sambil Main Gadget Pada Anak
Ilustrasi anak main gadget saat disuapin makanan (Pixabay/StockSnap)
Life

Trik Jitu Ubah Kebiasaan Makan Sambil Main Gadget Pada Anak

Jangan biarkan anak makan sambil main gadget

Senin, 10 Februari 2020 23:03 WIB 10 Februari 2020, 23:03 WIB

INDOZONE.ID - Kemajuan teknologi membuat banyak hal menjadi mudah. Ambil contoh sekarang orang bisa bekerja hanya melalui gadget. 

Namun ada pula yang salah menggunakan gadget. Contohnya banyak orangtua yang memilih memberikan gadget kepada anak terutama balita ketika makan.

Biasanya orangtua akan menyetel video yang menarik perhatian anak. Mereka menganggap dengan begitu memberikan makan anak menjadi lebih mudah. Padahal cara itu salah. 

Menurut dokter spesialis anak, dr Fransisca Handy, Sp. A, seharusnya saat makan anak berinteraksi dengan orangtua alias responsive feeding.

"Kalau saat anak makan ada gadget, artinya dia enggak berinteraksi dengan kita. Selain itu, dia tidak menyadari bahwa sedang makan. Padahal, makan harus prosesnya aktif, anak harus terlibat di dalamnya," ujar dr Fransisca saat ditemui Indozone dalam suatu acara di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dirinya mengungkapkan sering kali menemukan kasus orangtua memberikan gadget ketika anak makan. Kebiasaan itu harus diubah oleh orangtua. Dr Fransisca mengatakan, untuk mengubah kebiasaan itu, perilaku orangtua dulu yang harus diubah.

"Anak itu 'kan tinggal menurut apa aja yang disediakan oleh orangtuanya. Di sinilah orangtuanya yang harus cukup sabar dan mampu mengelola proses makan ini tanpa gadget. Jadi orangtua perlu belajar membuat proses makan tetap menyenangkan meski enggak ada gadget," kata dr Fransisca.

Salah satu cara untuk mengubah adalah mengganti gadget dengan hal lain seperti buku atau mainan.

"Mainannya bisa kayak mangkok, gelas. Jadi alat makan atau bahan makanan yang bisa dia mainkan. Itu jadi salah satu cara yg bisa orangtua tawarkan," pungkas dr Fransisca.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Maria Adeline Tiara Putri
JOIN US
JOIN US