The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Kuda yang Akan Dipakai saat Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang dan Erina
Kuda yang akan dipakai saat acara pernikahan Kaesang. (Z Creators/Eko Haryanto)
Life

Ini Kuda yang Akan Dipakai saat Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang dan Erina

Selasa, 29 November 2022 13:37 WIB 29 November 2022, 13:37 WIB

INDOZONE.ID - Pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang akan berlangsung 11 Desember 2022 mendatang dan rencananya akan digelar di dua lokasi. 

Acara pertama yaitu prosesi adat, rencananya akan dilaksanakan di Loji Gandrung. Dilanjutkan dengan acara resepsi pernikahan yang akan dilaksanakan di Pura Mangkunegaran.

Dalam rangkaian acara yang melibatkan banyak pihak itu, ternyata membawa berkah tersendiri bagi pemilik dan peternak kuda di Solo. Salah satunya adalah Mudjiono dan Bejo, kakak adik pemilik kuda yang kuda-kudanya disewa untuk digunakan dalam acara pernikahan Kaesang dan Erina.

pernikahan kaesang
Kuda yang akan dipakai saat acara pernikahan Kaesang. (Z Creators/Eko Haryanto)

Rencananya, kuda-kuda dari kandang milik Mudjiono dan Bejo yang beralamat di Karangasem, Laweyan, Kota Surakarta ini akan dipakai untuk menarik kereta kencana yang ditumpangi pasangan pengantin serta keluarga dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran.

Baca juga: Terungkap! Di Sini Tempat Keluarga Besar Jokowi Pesan Busana Pernikahan Kaesang

Bejo, sang pemilik kuda menceritakan bahwa kuda-kuda yang dipelihara bersama Mudjiono, sang kakak ini memang sudah lama menjadi langganan disewa oleh Presiden Jokowi dalam acara-acara penting. 

"Kalau kuda-kuda dari sini disewa Pak Jokowi itu sudah sejak lama Mas, sejak Pak Jokowi masih di Solo. Waktu pernikahan Mas Gibran itu kirab kereta kudanya pakai kuda-kuda dari sini. Bahkan, waktu pernikahan Mbak Kahiyang Ayu itu sempat dibawa sampai ke Medan kudanya. Saya dan kakak saya ikut ke Medan mengantar kuda dan jadi kusirnya. Kalau kereta kencananya, Pak Jokowi punya sendiri, juga ada kereta kencana milik Pemkot Solo. Jadi, yang dipakai dari sini itu cuma kuda dan beberapa andong saja,” jelas Bejo.

pernikahan kaesang
Andong untuk pernikahan Kaesang. (Z Creators/Eko Haryanto)

Bejo mengatakan, ia enggak tahu pasti berapa jumlah kuda dan andong yang nantinya akan disewa untuk acara pernikahan Kaesang. Namun, ia dan kakaknya sudah menyiapkan lebih dari 10 kuda untuk acara tersebut. Bejo juga menyampaikan bahwa enggak cuma kuda miliknya saja yang disewa untuk acara pernikahan Kaesang.

"Yang dipakai besok itu bukan hanya dari sini kudanya, tapi dari peternak dan pemilik kuda lain di Solo untuk acara nikahan Mas Kaesang besok itu. Kalau yang pasti, besok itu dari sini kita juga menyediakan andongnya walaupun belum pasti juga berapa jumlah yang akan digunakan dan yang jadi kusirnya saya dan kakak saya Mudjiono," ujar Bejo.


pernikahan kaesang
Kuda disiapkan untuk pernikahan Kaesang. (Z Creators/Eko Haryanto)

Saat ini, di kandang yang berlokasi enggak jauh dari rumah Bejo dan Mudjiono ini memelihara lebih dari 15 ekor kuda. Semua kuda itu dirawat oleh bejo dan kakaknya, dibantu dengan dua orang yang juga masih keluarga.

Bejo mengaku bahwa kuda-kuda ini ia dapatkan dari hasil ternak sendiri. Ilmu beternak dan memelihara kuda didapatkan dari kakek sesepuhnya dahulu yang juga merupakan peternak kuda.

Ketika enggak melayani penyewaan kuda untuk acara kirab, keseharian Bejo dan Mudjiono dijalani dengan aktivitas merawat kuda-kudanya dan sebagai kusir andong atau delman yang beroperasi di sekitar Keraton Solo, Stadion Manahan, dan di Car Free Day saat Minggu pagi.

"Ya rasanya bangga kuda saya dipakai di acaranya Pak Presiden Jokowi dan saya bersama kakak saya bisa jadi kusir kereta kuda di rombongan presiden dan para pejabat," ungkap Bejo sambil tersenyum bangga.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Eko Haryanto
Eko Haryanto
Community Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US