Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Curhat di Medsos
shutterstock.com
Life

Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Curhat di Medsos

Apa manfaatnya buat kamu dan orang lain?

Senin, 29 Juli 2019 12:04 WIB 29 Juli 2019, 12:04 WIB

INDOZONE.ID - Kebebasan dalam mengakses internet, memang banyak memberikan kemudahan dalam mengais maupun menebar informasi. Terkait hal tersebut, masih banyak sejumlah pengguna yang masih kurang bijak dalam penggunaannya. Yang paling sepele adalah curhat terkait masalah pribadi yang diunggah menjadi konsumsi publik warganet. Mungkin berbagi masalah pribadi tidaklah menyalahi aturan, tetapi hal tersebut tidak membawa keuntungan  juga untuk kamu. Berikut INDOZONE akan membahas mengenai Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Curhat di Medsos.


Jejak Digital

britishcouncil.org
britishcouncil.org

Dengan membagikan sesuatu di internet, berarti kamu harus siap dengan risiko yang ada, salah satunya adalah jejak digital yang kamu tinggalkan bisa saja tidak hilang. Meskipun kamu mencoba untuk menghapusnya, tidak menutup kemungkinan kalau keburukan yang kamu unggah, sudah kembali dibagikan oleh teman-teman kamu. Dipikirkan lagi ya sebelum mengunggah sesuatu.


Kehilangan Privasi

indiamart.com
indiamart.com

Dengan membagikan pengalaman pribadi kamu, berarti informasi yang kamu ceritakan sudah menjadi konsumsi publik. Dengan kata lain, privasi yang harusnya dijaga kini harus hilang karena sudah disebarluaskan ke jaringan internet. Sebaiknya, kamu lebih bijak dalam membagikan hal-hal yang sifatnya pribadi, untuk tetap menjaga privasi yang kamu miliki.


Apa manfaatnya?

thetalon.ca
thetalon.ca

Sekarang coba kamu pikirkan, apa manfaatnya kamu curhat di media sosial? Masalah pribadi kamu sebaiknya kamu simpan sendiri, bila memang memerlukan bantuan orang lain, sebaiknya ceritakan secara personal kepada teman, orang terdekat atau sahabat. Kamu boleh menceritakan masalah pribadi kamu ke medsos, kalau memang curhatan kamu akan membawa informasi yang bermanfaat di mana semua warganet perlu tau.

Misal, kamu curhat mengenai pengalaman tertipu saat berbelanja, kemudian kamu memberikan tips-tips agar pengalaman kamu tidak terjadi pada orang lain, kalau seperti itu curhatan yang kamu bagikan membawa manfaat untuk orang banyak.


Risih Bahkan Tak Peduli

teefury.com
teefury.com

"Apaan sih gitu aja diceritain!"

"Gak penting"

"Terus? Gue harus apa?"

Ungkapan-ungkapan di atas bisa jadi yang dirasakan oleh teman-teman di sekeliling kamu, terkait curhatan yang kamu sebar di medsos. Mungkin sebagian orang akan sangat merasa risih dengan apa yang kamu posting di internet, yang lain menganggap keluh kesahmu adalah sesuatu yang tidak penting sehingga tak perlu di ambil pusing.


Tak Ada Solusi

giphy.com
giphy.com

Misal kamu curhat di medsos permasalahan yang kamu rasakan dan sifatnya pribadi, lantas apakah kamu mendapatkan solusi? Dibanding kamu curhat di medsos, curhat ke teman atau sahabat lebih memberikan solusi, karena mereka memiliki ikatan yang lebih personal dan lebih mungkin untuk memberikan solusi untuk bantu kamu keluar dari masalah.




TAG
Indozone
Indozone Media

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU