10 Tips Cepat Move On Setelah Putus Cinta
photo/Ilustrasi/Pexels
Life

10 Tips Cepat Move On Setelah Putus Cinta

Senin, 02 Desember 2019 15:45 WIB 02 Desember 2019, 15:45 WIB

INDOZONE.ID - Move on setelah putus cinta bukanlah hal mudah, mengingat ada banyak hal-hal indah yang sudah dilalui bersama orang terkasih. Susah senang pun dirasakan berdua.

Karena itu, untuk bisa move on dari mantan dan gebetan, memang butuh waktu yang tidak sebentar. Selain itu, harus didukung dengan niat kuat dan usaha konsisten dari diri sendiri.

Bagi kamu yang baru atau sedang patah hati, berikut ini beberapa tips cepat move on, dirangkum Indozone dari berbagai sumber.

1. Berhenti Komunikasi dan Stalking

berhenti komunikasi dan stalking mantan
photo/Ilustrasi/Unsplash

Mulai detik ini, berhentilah untuk mencari tahu apapun tentang mantan. Tidak usah menghubunginya lagi. Kalau perlu, hapus saja kontaknya di ponselmu.

Kuatkan diri untuk tidak stalking media sosial si mantan. Karena ini hanya akan membuat perasaanmu semakin buruk.

Memang, cara move on dari gebetan ini terkesan agak berani dan cenderung seperti memutuskan silaturahmi. Tapi, ini semua demi kebaikan diri dan hatimu kok.

Toh, kita butuh ruang sendiri untuk merenung dan menyadari banyak hal yang mungkin selama ini kita lalui dengan percuma.

2. Singkirkan Barang dari Mantan

singkirkan barang dari mantan
photo/Ilustrasi/Unsplash

Tidak ada gunanya menyimpan barang-barang dari mantan kekasih. Semua itu cuma membuat hatimu jadi labil dan sulit move on.

Jadi mulai sekarang, singkirkan saja semua barang yang pernah dia berikan. Turunkan juga semua foto kalian yang masih terpajang di dinding kamar.

Kamu harus ingat, hidup dengan bayang-bayang masa lalu itu tidak akan pernah membuatmu merasa lebih baik.

3. Kembali pada Hobimu

kembali pada hobimu setelah patah hati
photo/Ilustrasi/Unsplash

Sebisa mungkin, sibukkan harimu dengan menekuni hobi atau melakukan kegiatan yang disukai. Misalnya, bermain musik, melukis, mencoba resep masakan, dan lainnya.

Dengan begitu, waktumu akan habis dengan hal-hal lebih bermanfaat ketimbang galau dan terus berharap pada mantan.

4. Curhatlah dengan Menulis

curhatlah dengan menulis
photo/Ilustrasi/Unsplash

Tips cepat move on dari mantan terindah berikutnya adalah dengan menulis. Kamu bebas menuliskan perasaan apa saja, entah itu di buku harian maupun di blog pribadi.

Menurut sejumlah penelitian, tulisan naratif ekspresif akan menurunkan detak jantung. Serta, membantu tubuh menyesuaikan diri dengan tekanan fisiologis.

5. Biarkan Perasaan Tercurah Apa Adanya

curahkan perasaan kepada orang dipercaya
photo/Ilustrasi/fastcocreate.com

Selain menulis, kamu pun boleh mencurahkan semua perasaan tertekan karena patah hati kepada orang yang dipercaya.

Biarkan perasaanmu tercurah dengan apa adanya. Menangislah, sampai hatimu benar-benar plong.

Sesungguhnya, rasa sakit paling dalam adalah yang dipendam dalam diam.

6. Ubah Penampilan

ubah penampilan rambut untuk move on
photo/Ilustrasi/hairfinder.com

Mengubah penampilan adalah cara cepat move on paling mudah untuk menunjukkan bahwa kamu siap meninggalkan apapun tentang si mantan.

Jika selama bersama dia rambutmu panjang, potong saja rambutmu jadi pendek. Dengan begitu, kamu tidak akan terjebak akan kenangan tentang mantan.

7. Berpetualanglah!

Berpetualang agar cepat move on
photo/Ilustrasi/Unsplash

Patah hati bukan akhir dari segalanya. Ini justru jadi kesempatanmu untuk mengeksplor tempat-tempat baru. Get back your life with traveling!

Tak perlulah kamu mendatangi lagi tempat-tempat yang menyimpan berjuta kenangan kamu dan mantan. Toh, lambat laun semua itu akan terbiasa. 

8. Ingat, Jodohmu Sudah Menunggu. Ayo, Bangkit!

jodohmu sudah menunggu di masa depan
photo/Ilustrasi/Pexels

Yakinkan diri bahwa Tuhan sudah menyiapkan orang terbaik yang pantas menjaga dan memiliki hatimu seutuhnya. Tidak perlu risau, jodohmu sudah menunggu.

Kamu harus bangkit! Keluar dari zona nyaman dan jangan menengok ke belakang lagi. Suatu saat, dia akan menyesal telah meninggalkan kamu hari ini.

9. Nikmati Kesendirian

nikmati kesendirian pasca putus cinta
photo/Ilustrasi/Pexels

Jangan terburu-buru merancang masa depan atau menemukan orang baru setelah putus darinya. Nikmati saja kesendirianmu saat ini.

Dengan waktu sendiri ini, kamu bisa memperbaiki dan mengintrospeksi diri menjadi pribadi lebih baik. Kamu siap, kan?

10. Perbanyak Ibadah

perbanyak ibadah
photo/Ilustrasi/Unsplash

Pada akhirnya, labuhkan semua hati dan perasaanmu pada Tuhan. Perbanyak beribadah atau sibukkan diri dengan kegiatan keagamaan.

Jadikan berdoa dan berserah diri kepada Tuhan, sebagai tips move on paling ampuh dan Islami.

Percaya deh, Tuhan tidak pernah memberikan hal buruk kepada hamba-Nya, termasuk padamu. Jadikan ini pembelajaran supaya kamu jadi lebih kuat lagi.


Terlalu lama terjebak dengan kenangan masa lalu dan bayangan mantan tidak pernah berujung baik. Gagal move on cuma bikin pikiran kacau, kesehatan memburuk, sampai hubungan sosial tidak karuan.

Jadi, stop drama karena patah hati! Hidup ini nggak cuma bicara soal mantan kok. Kamu juga berhak bahagia dengan caramu sendiri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU