The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cerita Mendikbud Nadiem Saat Terbitkan Permen soal Kekerasan Seksual: Saya Difitnah!
Mendikbud Nadiem Makarim saat mengisi acara STand Up di Depok. (INDOZONE/
Life

Cerita Mendikbud Nadiem Saat Terbitkan Permen soal Kekerasan Seksual: Saya Difitnah!

Jumat, 21 Oktober 2022 21:28 WIB 21 Oktober 2022, 21:28 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, banyaknya fitnah dan tuduhan saat mengeluarkan Peraturam Menteri (Permen) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Perguruan Tinggi.

"Dulu saya heran kepana Permen tidak dibuat dari dulu, setelah saya Permen yang saya keluarkan, baru saya sadar alasannya. Bahkan saya difitnah dan dituduh macam-macam," ujar Nadiem di Balai Purnomo Prawiro, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Depok, Jawa Barat, Jumat (21/10/2022).

Baca Juga: Pentingnya Edukasi Sekolah Antisipasi Aksi Perundungan dan Kekerasan Seksual

Menurut Nadiem, Karena adanya Permen tersebut membuat banyaknya pelaporan kasus kekerasan seksual, dibandingkan sebelum adanya Permen.

"Begitu Permen keluar, tiba-tiba kasus pelaporan kekeran seksual meledak dibandingkan sebelumnya," lanjut Nadiem

Ia mengatakan bahwa kekerasan seksual adalah seperti fenomena gunung es, jika dikaji lebih dalam akan ditemukan lebih banyaknya kasus dibandingkan dengan kasus yang telah dilaporkan.

"Ini seperti gunung es, tadinya banyak korban yang tidak mau melaporkannya. Tapi sekarang lebih berani melapor, karena Pemerintah melindungi korban," tambah Nadiem

Oleh karena itu, menurut Nadiem pembentukan satgas adalah salah satu bukti kongkret dalam melindungi korban. Sehingga nantinya akan memberikan dampak dengan menurunnya jumlah korban.

"Jadi ini adalah langkah kongket, dan sekarang waktunya melihat implementasi (dampak) dari pembentukan satgas," pungkas Nadiem.

Baca Juga: Nadiem Kena Semprot Anggota DPR Gara-gara Banyak Guru yang Menangis Belum Digaji

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Febyora Dwi Rahmayani
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US