The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bangga! Michelle Hadip, Desainer Termuda dari Indonesia di New York Indonesia Fashion Week
Anak muda yang mengharumkan nama bangsa di NYFW (Dok. Pribadi)
Life

Bangga! Michelle Hadip, Desainer Termuda dari Indonesia di New York Indonesia Fashion Week

Kamis, 15 September 2022 14:15 WIB 15 September 2022, 14:15 WIB

INDOZONE.ID - Michelle Davina Hadipranoto atau Michelle Hadip merupakan desainer termuda yang unjuk gigi dalam pergelaran New York Indonesia Fashion Week 2022 di Amerika Serikat. Michelle membuktikan kalau di usianya yang masih 13 tahun bisa membuat orang kagum dengan karya-karyanya.

Berbeda dengan New York Fashion Week (NYFW), NYIFW diadakan oleh diaspora asal Indonesia untuk memfasilitasi desainer dari Indonesia agar bisa menampilkan karya-karya mereka di New York, Amerika Serikat dan bisa merambah pangsa internasional.

nyifw
Michelle Hadip desainer termuda Indonesia di NYIFW 2022 (Dok. Pribadi)

Kepada Tim Z Creators, Vivi Sanusi, orangtua Michelle mengungkapkan kebanggaannya karena sang putri  berkesempatan memamerkan karyanya di ajang fashion show bertaraf internasional.

Peraih juara berbagai lomba model ini, mempersiapkan 12 desain busana ready to wear selama tiga bulan untuk ajang New York Indonesia Fashion Week (NYIFW). Perjalanan menuju NYIFW juga terbilang panjang.

"Setelah tampil di beberapa event nasional, Michelle memberanikan diri mendaftar dan mengirimkan contoh karya untuk dikurasi, lalu mulai menentukan tema, mendesain serta memilih bahan dan menentukan look busana yang akan ditampilkan," ungkap Diana Ridzki, ibunda Michelle melalui DM instagram

michelle hadip
Michelle Hadip membawa 12 karya ready to wear (Dok. Pribadi)

Pencapaian Michelle tentulah sangat membanggakan Indonesia. Rancangannya yang tampil pada 11 September 2022 lalu di NYIFW mendapat sambutan yang meriah serta antusiasme tinggi.

"Respon audiens sangat positif dan saat tampil mendapat sambutan yang cukup meriah, kebetulan Michelle adalah desainer cilik pertama yang mewakili Indonesia untuk menampilkan karyanya di ajang NYIFW kemarin," tambah Diana.

Suka modeling sejak kecil

Sebelum menjadi fashion designer, remaja kelas 8 ini awalnya menjadi model. Ia pernah membintangi berbagai iklan dan katalog produk makanan serta pakaian.

"Michelle menjadi model karena sejak kecil sudah hobi berfoto, jadi memang menjadi model untuk menambah pengalaman sekaligus menyalurkan hobi. Sekarang Michelle juga menerima endorsement dan menjadi influencer yang berhubungan dengan dunia anak dan remaja," ungkap Diana.

michelle hadip
Karya Michelle Hadip yang membawanya jadi sukses (Dok. Pribadi)

Memasuki dunia modeling sejak pertengahan 2019, ia lalu menjadi fashion designer sejak akhir 2019 hingga sekarang. Michelle memang multi talenta.

"Awalnya sejak usia 3 tahun mulai ikut les gambar, sekitar usia 7-9 tahun sempat ikut les gambar anime (kartun Jepang) dimana pakaian yang digambar biasanya cukup mendetail sesuai dengan karakter yang memakainya. Dari situ Michelle menemukan bahwa ternyata obyek yang paling menarik baginya untuk digambar adalah manusia dan pakaian," ucap Dian.

Sejak usia 10 tahun Michelle yang berdomisili di Jakarta ini mulai mengikuti les privat fashion design. Baik untuk keterampilan menggambar secara langsung maupun digital art. Michelle juga mengambil kursus desain serta menjahit pakaian.

Di bawah bimbingan Intan Ayundavira salah satu alumni Esmod Jakarta, potensi Michelle terus diasah.

Rancangan Michelle condong kepada gaun-gaun yang berpotongan lembut dan menonjolkan keanggunan klasik.

michelle hadip
Michelle Hadip masih berusia 13 tahun (Dok. Pribadi)

Walau masih tahap belajar, Michelle mencoba mengeksplorasi berbagai gaya desain lainnya. Koleksi yang pernah ditampilkannya cukup beragam. Mulai dari busana muslim, gaun pesta, baju anak, serta busana untuk remaja dan dewasa muda. Karyanya juga meramaikan event nasional seperti Malang Fashion Week 2021, Central Java Fashion Week 2022 dan Indonesia Teen Fashion Week 2022.

Michelle yang menyukai desain elegan glamour dengan ciri khas kain berkualitas serta dengan sentuhan gold, shiny dan gliter ini berharap bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda pada umumnya serta bisa terus mengembangkan kreativitas di bidang seni. Agar Indonesia lebih dikenal lagi di dunia internasional.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Vivi Sanusi
Vivi Sanusi

Vivi Sanusi

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US