The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berkebun di Rooftop, Tren Baru Kaum Urban di Belgia: Bisa Dicoba di Indonesia
Tren berkebun di atas rooftop (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)
Life

Berkebun di Rooftop, Tren Baru Kaum Urban di Belgia: Bisa Dicoba di Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 14:58 WIB 18 Mei 2022, 14:58 WIB

INDOZONE.ID - Senang berkebun tapi terkendala keterbatasan lahan? Jangan sedih, karena sekarang bermunculan teknologi yang memungkinkan untuk kamu bertani dan berkebun di lahan terbatas, bahkan di atas gedung atau atap pun bisa!

berkebun di rooftop
Area gudang tua disulap jadi green area (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Hal ini yang dilakukan sejumlah warga di kota Antwerp, Belgia. Area bekas gudang seluas 7000 meter persegi yang terbengkalai mereka sulap menjadi green area. Lantai dasarnya berfungsi jadi restoran dan gym, sementara di atas bangunan menjadi lahan pertanian.

berkebun di atas gedung
Atap gedung jadi lebih sejuk dan indah (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Sistem pengelolaan mulai dari pembibitan, penanaman, pemeliharaan, panen, pemasaran hingga mengolah limbah menjadi kompos dilakukan di sini. Untuk sirkulasi air, pengelola memanfaatkan air hujan atau air limbah.

Kalau diolah dan disterilkan, maka air hujan dan limbah bisa memasok air yang bebas bakteri, tidak ada pemborosan air. Sementara sampah organik sisa tanaman yang terbuang, bisa kembali digunakan sebagai kompos.

berkebun di atas gedung
Aneka sayuran yang bisa ditanam di atas gedung (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Kebun di atas gedung ini menghasilkan sayuran dan buah-buahan organik, telur ayam, madu dari lebah yang dijual di area setempat setiap akhir pekan dan sebagai pemasok bahan masak di beberapa restoran yang ada di bawahnya.

Beberapa jenis sayuran yang ditanam di kebun ini antara lain adalah jagung, wortel, daun bawang, pakcoy, basil dan masih banyak lagi.

berkebun di atas gedung
Aneka sayuran bisa tumbuh subur (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Area pertanian di atas bangunan ini disewakan juga untuk penduduk lokal yang ingin bercocok tanam namun memilki kendala tidak memiliki lahan.

Selain menciptakan dan mendukung produksi bahan pangan perkotaan, kegunaan lain dari bertani di atas bangunan tinggi seperti ini adalah meningkatkan kualitas udara dan mengurangi emisi CO2, mengurangi kebisingan dan sejuta keuntungan lainnya yang dapat meningkatkan kualitas hidup.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Fabiola Lawalata
Fabiola Lawalata

Fabiola Lawalata

Community Writer
JOIN US
JOIN US