The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Duit Manggung Nggak Langsung Cair, Intip Tips Para Komika Mengatur Keuangan
Adjis Doaibu, Rin Hermana dan Erwin Wu. (Instagram)
Life

Duit Manggung Nggak Langsung Cair, Intip Tips Para Komika Mengatur Keuangan

Rabu, 13 April 2022 00:00 WIB 13 April 2022, 00:00 WIB

INDOZONE.ID - Komika Adjis Doaibu memberikan tips bagaimana mengatur keuangan untuk para stand up comedian atau komika baru di Indonesia. Menurutnya, komika harus punya manager sendiri atau financial planner.

Dengan memiliki manager atau financial planner, keuangan bisa jadi lebih teratur. Adjis kemudian mengungkapkan bahwa setelah manggung stand up biasanya duit bayaran tidak langsung cair, karena itu harus dikelola dengan benar.

"Karena gini. Mungkin teman-teman melihat komika stand up-nya dimana-mana. Banyak banget. Tapi itu kan nggak langsung turun duitnya. Jadi tuh harus dikelola dengan benar. Jangan sampai nanti udah waktunya gajian, tapi harus nutupin biaya-biaya yang dipinjam sebelumnya," kata Adjis, dikutip dari Antara, Selasa (12/4/2022).

Sementara itu, menurut komika Rin Hermana, mengatur keuangan bagi seorang perantau menjadi tantangan tersendiri. Tak menggunakan financial planner, salah satu cara yang dia lakukan adalah dengan mencatat kebutuhan pokok harian.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan ala Arief Muhammad, Kesampingkan Gaya Hidup

"Kalau saya karena perantau dan juga seorang stand up comedian yang freelancer juga. Jadi kadang satu bulan ada, enam bulan hibernasi gitu ya. Saya biasanya nulis hari ini kebutuhan pokoknya apa saja nih," tutur Rin.

"Kebutuhan yang pasti dulu saja nih. Kita sebagai anak rantau harus tau, 'Oh kita butuh makan dulu'. Kopi kalau bisa nggak usah dulu deh. Jadi orang tua tau nya 'Anak saya di rantau hidupnya sukses'. Biasanya gitu, saya ngakalin," sambungnya.

Senada dengan Adjis Doaibu, Erwin Wu mengatakan bahwa seorang komika juga disarankan memakai financial planner dan menurutnya mereka membutuhkan platform financial yang lengkap.

Hal tersebut berguna untuk memudahkan para komik dalam mengatur keuangannya. Selain itu, platform tersebut juga dibutuhkan untuk mempermudah komika dalam melakukan transaksi keuangan lainnya.

"Kebutuhan teman-teman komika dalam membuat konten di luar stand up tentunya pasti butuh satu aplikasi yang lengkap. Bisa buat beli pulsa, beli paket dalam satu aplikasi," ungkap Erwin.
Artikel Menarik Lainnya:

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Abul Muamar
Dina
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US