The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Daripada Sibuk Menyalahkan Keadaan, Introspeksi Diri Lebih Bijaksana untuk Dilakukan
Ilustrasi wanita. (freepik/jcomp)
Life

Daripada Sibuk Menyalahkan Keadaan, Introspeksi Diri Lebih Bijaksana untuk Dilakukan

Jangan jadi pengecut.

Rabu, 15 Juli 2020 15:00 WIB 15 Juli 2020, 15:00 WIB

INDOZONE.ID - Jika kamu sering kesal pada keadaan yang ada dikarenakan semua yang sudah kamu susun dengan matang menjadi berantakan dan tak sesuai dengan harapanmu, maka ada baiknya kalau mulai sekarang kamu harus berhenti menyalahkan keadaan sebab ini dimaksudkan agar kamu tak memiliki sikap pengecut. 

Belum tentu semua kekacauan tersebut terjadi karena keadaan yang tidak berpihak padamu. Bisa saja sebenarnya, kamulah yang patut bertanggung jawab atas kegagalan yang kamu rasa. Mungkin saja kamu terlalu berambisi hingga tak menghiraukan baik buruknya rencana yang dibuat hingga kegagalan demi kegagalan kerap kamu alami.

Daripada terus-menerus menyalahkan keadaan, lebih baik kamu melakukan introspeksi pada dirimu. Renungkanlah dalam hati apa yang salah pada dirimu karena sepertinya kegagalan ‘amat senang’ menghampirimu. Jika kamu tak juga menemukan apa yang salah dalam dirimu, cobalah bertanya pada orang terdekatmu.

Daripada Sibuk Menyalahkan Keadaan, Introspeksi Diri Lebih Bijaksana untuk Dilakukan
Ilustrasi bersedih. (freepik/jcomp)

Sebab terkadang, kesalahan diri sendiri hanya bisa dilihat oleh orang yang dekat denganmu karena mereka cenderung menyadari jika ada yang berubah dalam dirimu. Oleh karena itu, jangan ragu untuk bertanya dan setelahnya lakukanlah perbaikan diri agar kamu tak terus terjebak dalam situasi yang selalu menyalahkan keadaan demi membela diri.

Dan terkahir, introspeksi diri juga baik dilakukan untuk menjaga kesehatan mental serta ketenangan batin. Jadi mulai sekarang, usahakan agar dirimu mau untuk berlapang dada menerima baik serta buruknya keadaan yang telah terjadi.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US