The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata Sit Up Tak Efektif Untuk Bakar Lemak di Perut, Ini Pendapat Ahli
Ilustrasi wanita yang sedang Sit Up. (photo/Pexels/Jonathan Borba/ilustrasi)
Life

Ternyata Sit Up Tak Efektif Untuk Bakar Lemak di Perut, Ini Pendapat Ahli

Rabu, 10 Februari 2021 00:57 WIB 10 Februari 2021, 00:57 WIB

INDOZONE.ID - Banyak orang yang berpendapat bahwa sit-up bisa membantu membakar lemak lokal di perut secara efektif. Namun hal tersebut hanyalah mitos belaka loh guys.

Menurut health and Nutrition Science Nutrifood, Rendy Dijaya Muliadi, sejauh ini belum ada penelitian yang menyatakan olahraga dengan menargetkan bagian tubuh tertentu bisa membakar lemak pada bagian tersebut secara khusus.

"Lemak yang terbakar secara keseluruhan. Latihan yang terfokus pada bagian tertentu bermanfaat untuk perkembangan otot bagian tersebut," kata Rendy dalam sesi Nutriclass via daring, Senin (8/2) dilansir dari ANTARA.

Laman Healthline mencatat, latihan secara teratur akan mempercepat metabolisme Anda serta membakar kalori dan lemak. Latihan aerobik (kardio) mungkin juga efektif untuk menargetkan lemak perut visceral (yang terletak di rongga perut di sekitar organ dalam Anda).

Intensitas juga berperan. Latihan intensitas sedang atau tinggi dapat mengurangi massa lemak perut, dibandingkan dengan latihan aerobik intensitas rendah atau latihan kekuatan.

Ilustrasi wanita yang sedang Sit Up. (photo/Pixabay/alvoi/ilustrasi)
Ilustrasi wanita yang sedang Sit Up. (photo/Pixabay/alvoi/ilustrasi)

Baca juga: Pilu Istri Ustaz Maheer Sendirian Besarkan Anak yang Masih Kecil, Yusuf Mansur Buka Donasi

Anda bisa melakukan lakukan kardio intensitas sedang selama 30 menit, lima hari seminggu, atau kardio intensitas tinggi selama 20 menit, tiga hari seminggu.

Anda yang ingin perut six pack tetap bisa melakukan sit-up karena gerakan ini membuat otot tetap kencang dan padat. Sebaiknya tingkatkan durasi dan intensitas latihan secara bertahap ditambah asupan nutrisi bergizi seimbang dan istirahat cukup serta jangan lupa kombinasikan latihan kardio dan resisten.

Terkait pembentukan otot, antara wanita dan pria punya perbedaan dari sisi kecepatan. Para pria mempunyai hormon testosteron yang lebih banyak sehingga lebih mudah cepat membentuk otot dibandingkan wanita.

Rendy mengatakan, untuk membentuk otot wanita membutuhkan usaha ekstra termasuk dalam hal nutrisi, olahraga dan suplemen.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US