The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sebelum Gunakan Kartu Kredit, Ikuti Tips Ini Biar Pengeluaran Nggak Jebol
Ilustrasi menggunakan kartu kredit. (Freepik).
Life

Sebelum Gunakan Kartu Kredit, Ikuti Tips Ini Biar Pengeluaran Nggak Jebol

Dan nggak keberatan utang.

Jumat, 30 Oktober 2020 08:43 WIB 30 Oktober 2020, 08:43 WIB

INDOZONE.ID - Agar dapat menciptakan pengelolaan keuangan yang sehat, kamu perlu menggunakan fasilitas yang mendukung. Selama ini kamu terbiasa menggunakan kartu debit untuk melakukan transaksi secara mudah. Namun, sekarang kamu juga mulai tertarik dengan kartu kredit karena tergoda oleh berbagai macam manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Kerap kali kartu kredit dikenal sebagai sumber masalah keuangan akibat para penggunanya yang tidak disiplin. Sehingga, sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, kamu harus tahu tips menggunakan kartu kredit agar tidak salah langkah. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu kamu ketahui.

1. Pastikan nominal iuran tahunan yang perlu kamu bayarkan

Kamu harus tahu kalau kartu kredit menerapkan iuran tahunan tergantung dari jenis kartu kredit yang kamu miliki. Jadi, sebelum membuat kartu kredit, ada baiknya untuk memastikan lebih dulu nominal iuran yang harus dibayarkan setiap tahunnya. Meski begitu, ada juga kok, kartu kredit yang tidak memberikan iuran tahunan dengan menggunakan syarat-syarat tertentu. 

2. Harus disiplin untuk membayar tagihan

Jika kamu tidak bisa disiplin, sebaiknya kamu segera menghindari penggunaan kartu kredit. Sebab, kamu akan dikenakan denda atau bunga jika terlambat membayar tagihan bulanan secara penuh. Dengan demikian, kamu harus bijaksana ketika menggunakan kartu kredit agar sesuai dengan kemampuanmu.

3. Jangan gunakan kartu kredit untuk meminjam uang jangka panjang

Sebaiknya kamu tidak menggunakan kartu kredit sebagai alat untuk berutang dalam jangka panjang. Jika kamu ingin menggunakan kartu kredit sebagai alat untuk meminjam uang dalam jangka panjang, kamu perlu memikirkan suku bunga yang harus kamu keluarkan. Sebab, kartu kredit biasanya memberikan suku bunga yang cukup tinggi.

4. Ada biaya tambahan saat tarik tunai di ATM

Saat menggunakan kartu debit, kita terbiasa melakukan penarikan tunai di ATM dengan bebas tanpa adanya biaya tambahan. Namun, saat menggunakan kartu kredit, kamu akan dikenakan biaya penarikan hingga 6%. Jadi, sebaiknya kamu tidak menggunakan kartu kredit untuk penarikan tunai, ya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
M Fadli
Dita Rana
M Fadli

M Fadli

Writer
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US