Mudah Bosan? Coba Hal Ini Agar Tak Mudah Menyerah saat Belajar
Ilustrasi sedang belajar. (Pexels/Giftpundits.com)
Life

Mudah Bosan? Coba Hal Ini Agar Tak Mudah Menyerah saat Belajar

Ampuh banget.

Kamis, 27 Februari 2020 21:14 WIB 27 Februari 2020, 21:14 WIB

INDOZONE.ID - Belajar sudah menjadi kegiatan rutin yang harus dilakukan mulai dari anak-anak hingga dewasa untuk dapat mengikuti kegiatan-kegiatan di sekolah maupun universitas dengan baik dan lancar. Namun, tidak semua orang menyukai kegiatan tersebut karena mudah sekali merasa bosan.

Meskipun punya semangat yang tinggi saat memulai belajar, rasa ngantuk dan jenuh seringkali tak dapat dihindari. Padahal kamu baru saja belajar beberapa menit.

Hal ini tentu saja menjadi sangat menyebalkan dan mengganggu, apalagi jika ada ujian keesokan harinya. Oleh karena itu, agar kamu tidak cepat merasa bosan saat belajar, yuk coba ikuti tips belajar di bawah ini.

1. Hindari Belajar saat Sedang Kelelahan

Mudah Bosan? Coba Hal Ini Agar Tak Mudah Menyerah saat Belajar
Ilustrasi sedang belajar. (Pexels/Energepic.com)

Memilih waktu belajar pada pagi hari saat bangun tidur adalah hal yang bijak karena pikiran masih sangat fresh sehingga pelajaran akan lebih mudah kamu terima. Akan tetapi, tidak semua orang suka belajar saat pagi hari dan lebih memilih melakukannya pada malam hari.

Jika kamu adalah seseorang yang senang belajar di malam hari, hal ini juga bukan sesuatu yang salah, asalkan kamu tidak belajar saat sedang kelelahan, ya. Kondisi tubuh yang lelah akan membuatmu sulit berkonsentrasi dan mudah ngantuk. Sehingga apa yang kamu pelajari tidak dapat kamu terima seutuhnya.

2. Ciptakan Tempat Belajar yang Nyaman

Mudah Bosan? Coba Hal Ini Agar Tak Mudah Menyerah saat Belajar
Ilustrasi belajar. (Pexels/Leah Kelley)

Kondisi lingkungan sangat memengaruhi mood belajar kamu. Jadi, cobalah untuk ciptakan tempat belajar yang menurutmu nyaman. Pastikan sirkulasi udara lancar, tempat dudukmu empuk, barang-barang yang kamu butuhkan saat belajar bisa terjangkau dengan mudah olehmu dan jangan lupa kondisi cahaya yang memadai. 

Suasana seperti itu akan membuatmu tidak mudah bosan dan betah berlama-lama saat belajar. Akan tetapi, sebisa mungkin hindari belajar dengan kondisi berbaring, ya. Belajar sambil berbaring memang sangat nyaman untuk dilakukan, tapi hal ini juga akan membuatmu mudah mengantuk bahkan ketiduran.

3. Jauhkan Peralatan Elektronik yang Dapat Mengganggu

Mudah Bosan? Coba Hal Ini Agar Tak Mudah Menyerah saat Belajar
Ilustrasi belajar. (Pexels/fotografierende)

Pelajar masa kini sangat mudah terdistraksi oleh peralatan elektronik terutama handphone. Tips bagi kamu yang mudah terganggu oleh handphone adalah segera balas pesan-pesan penting sebelum belajar, lalu setelah itu gunakan mode pesawat. 

Selain itu, jangan menggunakan handphone untuk melihat jam, tapi coba gunakan jam tangan atau jam dinding. Karena melihat jam di handphone bisa membuatmu keterusan dan lupa kalau kamu sedang belajar.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Content Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US