The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Hal yang Biasanya Dilakukan Wartawan Profesional Ketika Wawancara
Ilustrasi jurnalis. (Thoughtco)
Life

3 Hal yang Biasanya Dilakukan Wartawan Profesional Ketika Wawancara

Ini daftarnya.

Rabu, 03 Juni 2020 12:09 WIB 03 Juni 2020, 12:09 WIB

INDOZONE.ID - Wartawan merupakan sebuah profesi yang menugaskan seseorang untuk mencari dan menulis informasi yang dikemas menjadi sebuah berita untuk kemudian dimuat di media massa, baik itu media cetak ataupun media digital.

Demi memperoleh informasi dari narasumber, para wartawan harus melakukan berbagai persiapan yang matang agar proses wawancara dapat berjalan sesuai dengan ekspektasi dan tetap membuat narasumber merasa nyaman.

Nah jika kamu tertarik pada dunia jurnalistik dan kelak memiliki keinginan untuk menjadi seorang wartawan profesional, berikut ini adalah beberapa hal yang biasanya dilakukan oleh seorang wartawan profesional saat hendak melakukan wawancara dengan narasumber. Apa saja ya?

1. Membawa Daftar Pertanyaan yang Telah Disiapkan Sebelumnya

3 Hal yang Biasanya Dilakukan Wartawan Profesional Ketika Wawancara
Menyiapkan daftar pertanyaan. (Pexels/Startup Stock Photos)

Saat ingin melakukan wawancara, sudah seharusnya seorang wartawan memiliki daftar pertanyaan yang ingin ditanyakan pada narasumber. Menyiapkan pertanyaan-pertanyaan terlebih dahulu menandakan bahwa wartawan tersebut telah melakukan riset sebelum proses wawancara dimulai.

Riset sangat berguna agar sang wartawan memiliki pengetahuan yang sangat dalam tentang topik yang ingin ditanyakan pada narasumber, sebab seorang wartawan harus benar-benar menguasai topik yang akan ia bahas.

2. Menyiapkan Catatan Selama Proses Wawancara

3 Hal yang Biasanya Dilakukan Wartawan Profesional Ketika Wawancara
Menyiapkan catatan selama wawancara. (Blog.hubspot.com)

Meskipun terdengar sepele, menyiapkan catatan menjadi hal yang sangat penting agar proses wawancara berjalan dengan lancar dan lebih hidup. Ketika narasumber mengatakan sesuatu yang menarik, seorang wartawan biasanya bisa menciptakan pertanyaan-pertanyaan baru berdasarkan hasil catatan sebelumnya. Selain lebih akurat, membuat pertanyaan berdasarkan hasil wawancara dari narasumber juga dapat menghemat waktu.

3. Menyampaikan Maksud dan Tujuan dengan Jelas

3 Hal yang Biasanya Dilakukan Wartawan Profesional Ketika Wawancara
Sampaikan maksud dengan jelas. (Pexels/Redrecords ©?)

Meskipun telah membuat janji sebelumnya, pada saat seorang wartawan bertemu dengan narasumber, biasanya sang wartawan akan memperkenalkan diri serta instansi yang diwakilinya agar tercipta suasana yang akrab dan nyaman.

Setelah itu, wartawan tersebut akan memberitahu maksud dan tujuannya bertemu sang narasumber, termasuk topik apa saja yang ingin dibahas dan perkiraan durasi waktu wawancara.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US