The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Terpaksa Makan Nasi Goreng saat Sahur? Ini Tips Dokter
Ilustrasi nasi goreng. (Pexel/Anna Tarazevich)
Life

Terpaksa Makan Nasi Goreng saat Sahur? Ini Tips Dokter

Jumat, 30 April 2021 14:15 WIB 30 April 2021, 14:15 WIB

INDOZONE.ID - Pakar kesehatan tidak menyarankan kamu menyantap hidangan yang digoreng saat sahur, salah satunya karena bisa menyebabkan masalah pada pencernaan.

Makanan yang digoreng, yang terlalu pedas dan juga daging olahan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, dan jenis makanan ini juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

"Kalau terpaksa makan, ada triknya. Misalnya kita tidak mau lemak berlebihan, minyaknya sedikit saja. Nasi goreng itu bisa dikreasikan bagaimanapun juga disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing. Tetap bisa dalam bentuk nasi goreng, mau sahur mau buka (puasa)," ujar dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Cindiawaty J Pudjiadi saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (28/4) malam, seperti dilansir Antara.

Cindy mengatakan bawha tidak harus menggunakan minyak banyak untuk membuat makanan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia itu. Kamu bisa mengurangi jumlahnya.

Kemudian, untuk membuat hidangan ini tak sekedar mengandung karbohidrat dan lemak, kamu bisa menambahkan sumber protein baik itu hewani nabati seperti daging ayam, telur, daging sapi, ikan dan kacang polong. Mengenai porsi, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan tubuhmu.

Selain itu, kamu bisa tambahkan sayuran semisal wortel, buncis agar nasi goreng kamu lengkap gizinya. Namun saat tubuh sedang mengalami masalah maag dan GERD sebaiknya batasi makanan yang tinggi gas, seperti kol.

"Sekali masak praktis cepat dan komplit. Supaya lengkap ditambah sayur, lalu ditutup dengan buah. Menu nasi porsinya sesuai kebutuhan tubuh, kalau Anda gemuk lebih sedikit. Protein wajib, kadang pasien saja pagi-pagi harus makan dua porsi protein jadi 80-100 gram, pas buka 120 gram, tetapi bisa tetap turun (berat badannya)," kata Cindy.

Saat waktu sahur, jika kamu ingin konsumsi buah yang lebih berair kamu bisa memilih semangka atau melon. Lalu, minumlah minimal dua gelas air putih demi mencukupi kebutuhan hidrasimu.

TAG
Zal
Zal

Zal

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US