Salut! Komunitas Muslim Ini Galang Dana untuk Kebakaran Australia
Kiri: Komunitas Muslim penggalang dana untuk Australia (Facebook/Human Appeal International - Australia). Kanan: Kebakaran hutan di Australia (REUTERS/LSIS Shane Cameron/Australian Department of Defence)
Life

Salut! Komunitas Muslim Ini Galang Dana untuk Kebakaran Australia

Sabtu, 11 Januari 2020 16:26 WIB 11 Januari 2020, 16:26 WIB

INDOZONE.ID - Kebakaran hutan yang melanda Australia, tepatnya di New South Wales dan Victoria kini menjadi perbincangan dan menarik perhatian banyak orang dari berbagai negara. Pasalnya, kebakaran hebat ini telah menewaskan hampir setengah miliar hewan, dan membakar 10 juta hektare lahan.

Melihat begitu parahnya dampak yang diakibatkan, banyak orang tergerak hatinya untuk membantu mengatasi masalah ini. Mulai dari donasi dari para publik figur terkenal di berbagai dunia, hingga aksi galang dana.

galang dana
Komunitas Muslim penggalang dana untuk Australia (Facebook/Human Appeal International - Australia)

Seperti halnya yang dilakukan oleh Pusat Islam Australia dari Newport, Victoria bekerja sama dengan Human Appeal International. Kedua komunitas ini bersatu mengumpulkan dana untuk membantu petugas pemadam kebakaran yang telah lelah bekerja dan berusaha memadamkan api.

Melansir dari Boredpanda, komunitas Muslim dari Newport, sebuah pinggiran kota Melbourne, Victoria menempuh perjalanan selama hampir empat jam ke arah lokasi kebakaran semak di dekat Johnsonville, pada Jumat (3/1/2020).

aus
Komunitas Muslim mendistribusikan bantuan untuk korban kebarakan Australia(Facebook/Human Appeal International - Australia)

Tak datang dengan tangan kosong, komunitas Muslim ini juga membawa 5 truk yang di dalamnya berisi sejumlah persediaan makanan dan minuman, untuk diberikan pada petugas pemadam kebakaran dan relawan kebakaran.

"Kamis lalu, kami datang bersama dan memutuskan bahwa kami perlu melakukan sesuatu untuk mereka yang terkena dampak kebakaran hutan," jelas seorang perwakilan dari Pusat Islam Australia.

"Setelah membentuk hubungan yang kuat dengan petugas pemadam kebakaran lokal kami, Melbourne Fire Brigade (MFB), kami mendatangi mereka  dan bertanya apa cara terbaik yang bisa kami bantu. Mereka mengatakan bahwa kami dapat membantu dengan mendistribusikan barang dan mengumpulkan dana." lanjut perwakilan komunitas tersebut.

Tanpa berpikir panjang dan melihat perbedaan baik dari segi agama maupun tradisi, komunitas ini langsung bergerak untuk membantu mengatasi insiden kebakaran hutan di Australia. Mereka juga meminta bantuan pada banyak orang melalui media sosial. Dan tak disangka, dalam kurun waktu dua hari, komunitas itu berhasil memenuhi muatan truk dengan berbagai macam bantuan untuk korban kebakaran.

bantuan
Komunitas Muslim mengeluarkan bantuan dari truk untuk korban kebarakan Australia(Facebook/Human Appeal International - Australia)

"Semua barang yang disumbangkan adalah barang baru dan mencakup semua bidang kebutuhan, produk kebersihan wanita, botol air, susu, tisu bayi, buah, dan banyak lagi. ” sambungnya lagi.

Ketika tiba di lokasi kebakaran, mereka melihat banyak orang kehilangan rumah akibat insiden kebakaran hebat ini. Para korban juga sampai kekurangan makan dan minum akibat polusi asap kebakaran yang menutupi Australia.

Melihat hal ini dan tanpa berpikir panjang tentang sebuah perbedaan agama, Pusat Islam Australia, bekerja sama dengan Human Appeal International, membuat inisiatif yang disebut National Bushfire Emergency Appeal. Program ini, dimaksudkan untuk membantu warga Australia yang kehilangan rumah karena kebakaran dan menolong masyarakat melawan bencana.

bantu
Komunitas Muslim adakan acara barbekyu di Australia (Facebook/Human Appeal International - Australia)

Tak hanya membantu mendistribusikan bantuan, sebagai sarana penenangan diri, komunitas Muslim juga menggelar acara barbekyu untuk komunitas lokal. 

Karena kebakaran hutan telah memotong rute makanan dan air, komunitas seperti itu dibiarkan tanpa banyak persediaan untuk bertahan hidup

Selain mendistribusikan bantuan, komunitas Muslim juga mengadakan acara barbekyu untuk komunitas lokal. Ada laporan bahwa karena banyak penduduk setempat tidak memiliki persiapan menghadapi bencana kebakaran, mereka mungkin telah kelaparan hingga 48 jam pada saat itu.

"Kami juga memiliki sosis pada Jumat siang dan mengumpulkan $ 1500 atau sekitar Rp20 juta" jelas seorang perwakilan dari Australian Islamic Centre.

Tujuan pertama pendistribusian bantuan dilakukan di Johnsonville Fire Brigade. Di tempat ini Komunitas Muslim membuatkan sarapan untuk 150 petugas pemadam kebakaran yang telah berusaha memadamkan api.

aust
Relawan menurunkan bantuan untuk korban kebakaran (Facebook/Human Appeal International - Australia)

Setelah memasakkan sarapan untuk petugas pemadam, perjalanan komunitas Muslim kemudian berlanjut ke daerah-daerah yang terdampak kebakaran. Di tempat ini mereka menyediakan berbagai jenis makanan untuk para korban kebakaran. Mulai dari kebab domba dan ayam, sosis sapi, dan daging cincang.

Perjalanan dan pendistribusian bantuan oleh komunitas Muslim ini kemudian berlanjut ke daerah lain. Selama melakukan perjalanan, mereka dikawal oleh Melbourne Fire Brigade (MFB).

"Tim bekerja sepanjang hari menurunkan barang di lokasi-lokasi drop off ini. Para sukarelawan bekerja tanpa lelah dari jam 3 pagi sampai jam 11 malam hari itu. ” kata perwakilan dari Australian Islamic Centre.

Tim komunitas Muslim mengatakan, para korban kebakaran yang banyak terjadi di daerah pedesaaan membutuhkan banyak bantuan dari orang-orang. Mereka harus bertahan hidup dengan persediaan makanan dan minuman yang ada, selama kebakaran terjadi. Mereka juga meminta banyak orang untuk mendoakan saudara-saudari di Australia tanpa memandang agama dan perbedaan, agar kebakaran segera reda dan hujan turun.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU