Beberapa tahun terakhir, bisnis online semakin menjamur. Apalagi, saat ini didukung dengan kecanggihan teknologi yang memungkinkan orang berbisnis lewat internet.
Usaha online bisa dibilang inovasi baru dalam dunia bisnis. Hanya modal gadget dan internet, produsen dan pelanggan sudah bisa transaksi jual-beli.
Perkembangan bisnis online ini termasuk cepat bila dibandingkan bisnis konvensional. Namun, persaingan bisnis online juga tak main-main.
Setiap produsen (pemilik usaha) harus mampu menentukan strategi pemasaran/penjualan yang tepat agar produknya laku di pasaran.
Strategi pemasaran yang efektif akan menentukan masa depan bisnis menjadi lebih besar dan tentu saja dikenal banyak orang.
Strategi Pemasaran: Definisi, Fungsi dan Tujuan
Lalu, seperti apa sih strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk kemajuan bisnis kamu, guys?
Sebelum membahasnya, terlebih dahulu Indozone ulas seputar definisi, fungsi, dan tujuan dari strategi pemasaran itu sendiri.
Ulasan lengkapnya, simak di bawah ini!
Definisi Strategi Pemasaran
Secara definisi, strategi pemasaran (marketing strategy) adalah suatu upaya memasarkan produk bisnis, baik itu barang maupun jasa.
Untuk memasarkan produk, ada beberapa cara yang telah ditetapkan setiap perusahaan. Tujuannya untuk meningkatkan nilai ekonomi suatu bisnis.
Definisi strategi pemasaran juga dijelaskan oleh beberapa ahli, di antaranya:
- Kotler dan Amstrong (2008)
Menurut Kotler dan Amstrong, strategi pemasaran merupakan logika pemasaran di mana unit bisnis menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.
- Kurtz (2008)
Menurut Kurtz, strategi pemasaran merupakan keseluruhan program perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari marketing mix, produk, distribusi, promosi, dan harga.
Fungsi Strategi Pemasaran
Perlu kamu ketahui, ada empat fungsi strategi pemasaran, antara lain: