Kuasai Soft Skill Ini Untuk Tingkatkan Kinerjamu

- Kamis, 16 Mei 2019 | 14:40 WIB
pexels.com
pexels.com

Secara teknis perusahaan membutuhkan hard skill dari masing-masing karyawan. Namun ternyata perusahaan bukan hanya membutuhkan kemampuan teknis atau hard skill, tetapi juga soft skill.

Soft skill lebih mengarah pada karakteristik serta bagaimana cara kamu bersikap dan berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan soft skill yang baik dapat meningkatkan kinerjamu. Soft skill apa saja yang penting kamu kuasai? Berikut ulasannya. 

1. Komunikasi

-
(Source: pexels.com/rawpixel.com)
Komunikasi merupakan soft skill yang sangat penting. Saat memasuki dunia kerja, kamu akan bertemu banyak rekan kerja dengan karakteristik yang beragam. Kemampuan komunikasi yang baik diharapkan dapat menjalin relasi untuk jangka panjang.

Komunikasi bisa dilatih dengan mulai mendengarkan. Jika kamu bisa mendengarkan orang lain dengan baik, maka kamu dapat belajar dan berbicara dengan baik. Komunikasi dalam dunia kerja bisa dari menjelaskan sesuatu, menulis, hingga presentasi. 

2. Manajemen waktu

-
(Source: pexels.com/Michaela)
Soft skill selanjutnya yang kamu perlukan adalah manajemen waktu. Dalam dunia kerja menjadi tepat waktu adalah hal yang sangat penting. Atur prioritas pekerjaan dengan membuat list harian.

Buat timeline dan jadwal kerja harian untuk belajar manajemen waktu. Perhatikan waktu deadline dari setiap tugas yang kamu sedang kerjakan.

3. Kreatif dan inovatif

-
(Source: pexels.com/rawpixel.com)
Di era digital zaman sekarang ada banyak orang kreatif. Kreatif dan inovasi biasanya bermula datang karena rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu membuat kamu mencari sumber permasalahan untuk diolah menjadi sebuah ide kreatif.

Orang kreatif juga biasanya berpikir secara out of the box. Mereka banyak mendapatkan inspirasi dan ide yang orisinal. Sosok kreatif bisa membawa inovasi bagi perusahaan.

4. Mampu bekerja sama

-
(Source: pexels.com/rawpixel.com)
Di dalam dunia kerja, kamu dituntut untuk bisa bekerja sama dalam tim. Kemampuan bekerja sama sangat penting untuk kinerja karir kamu. Sebuah tim yang solid harus lebih bisa menjalin komunikasi dengan baik.

Dalam tim, kamu harus bisa menerima pendapat orang lain, berdiskusi dan saling melengkapi satu sama lain untuk mencapai solusi yang diinginkan. Kontribusi kamu sekecil apapun sangat penting untuk kinerja tim.

5. Networking

-
(Source: pexels.com/rawpixel.com)
Networking dengan orang lain sangat berguna untuk masa depanmu kelak. Semakin luas networking yang kamu bangun, akan semakin banyak kesempatan dan peluang yang akan datang ke padamu.

Networking di era digital seperti sekarang bukanlah hal yang sulit, kamu bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Networking dalam hubungan professional bisa membantu kamu belajar banyak hal baru dari teman-teman yang bekerja di bidang lain.

Editor: Administrator

Terkini

Kemnaker Luncurkan Program K3 Nasional 2024-2029

Kamis, 25 April 2024 | 21:56 WIB

3 Ayat Alkitab Tentang Masa Depan

Selasa, 16 April 2024 | 17:00 WIB
X