5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Jika Putus Asa Akan Masa Depan
Ilustrasi/pixabay.com
Life

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Jika Putus Asa Akan Masa Depan

Jangan berputus asa demi meraih masa depan yang baik

Jumat, 09 Agustus 2019 16:30 WIB 09 Agustus 2019, 16:30 WIB

INDOZONE.ID - Orangtua biasanya menginginkan anaknya menjadi seorang yang pekerja keras didalam pekerjaannya, dan ingin melihat kesuksesan di masa depannya.

Begitu banyaknya masalah untuk dapat meriah kesuksesan biasanya membuat kita putus asa. Namun suka atau tidak suka, kita harus tetap menghadapi masalah tersebut.

Apa yang akan terjadi di masa depan tentunya tak luput dari apa yang terjadi hari ini. Jika kamu ingin meraih masa depan sesuai harapan, kamu harus membuat perencanaan yang matang mulai sejak dini. Sebab, mewujudkan masa depan tersebut harus melalui suatu proses yang panjang dan tak mudah.

Berikut indozone.id kumpulkan 5 langkah yang akan menginspirasi kamu dan memberi kamu dorongan harapan bahwa kamu harus terus berjalan ketika merasa putus asa tentang masa depan.

1. Hargai diri kamu sendiri

Jika kamu kewalahan dengan emosi kamu, dan jika perasaan tidak aman mengganggu pikiran kamu, itu adalah tanda bahwa kamu perlu melangkah mundur untuk perawatan diri yang serius, dengan cara berjalan-jalan, berbicara dengan teman, berlibur, mendengarkan musik, atau bermeditasi. Apa pun yang bisa membantu kamu untuk kembali ke tujuanmu, lakukanlah!

Akui dan hargai diri kamu sendiri di setiap pencapaian yang kamu dapatkan, tidak peduli seberapa kecil. Setiap langkah yang kamu ambil, percaya, itu akan membawa kamu lebih dekat ke impian kamu.

2. Tinjau kembali visi dan tujuan kamu untuk masa depan

Jika dalam perjalananmu menghadapi kebuntuan, ada baiknya kamu meninjau kembali visi dan tujuan kamu. Misalnya, jika kamu ingin menurunkan 10 pound, apakah itu karena dokter yang merekomendasikannya atau karena kamu yang ingin menjadi lebih sehat?

Kuncinya adalah menetapkan sasaran yang kamu sukai dan yang ingin kamu dapatkan harus berhubungan dengan visi yang kamu buat secara komit agar dapat membantu kamu dalam mengatasi hambatan apa pun.

Tulis visimu secara jelas tentang apa yang ingin kamu capai.

3. Kelola harapanmu

Alasan lain yang mungkin membuat kamu kehilangan motivasi adalah karena harapan kamu terlalu tinggi. Seringkali kekecewaan terbesar kita terjadi karena memiliki harapan yang tidak realistis. 

'Tidak realistis' tidak selalu berarti bahwa kamu tidak dapat mencapai tujuan kamu, tetapi kamu mungkin memerlukan lebih banyak waktu atau sumber daya untuk mewujudkannya.

Tetapkan tujuan positif dan spesifik yang terasa dapat dikelola. Menetapkan harapan sehat yang mudah dijangkau akan mendorong kamu untuk terus maju.

4. Memiliki Rencana Kontinjensi (Rencana B)

Selalu ada peluang dimana rencana kamu tidak akan berhasil seperti yang kamu harapkan. Kita tahu bahwa sulit untuk menerima kegagalan tanpa merasa sedih, terutama jika itu terbilang sangat penting. Tetapi kita harus selalu memiliki rencana alternatif untuk menjaga kegagalan dalam perspektif.

Plan B seperti jaring pengaman yang siap untuk menangkap kamu jika kehilangan kendali. Dalam membuat Rencana B, penting untuk menilai apa yang salah dalam rencana sebelumnya. Mintalah pada teman, mentor, dan keluarga ??untuk mengoreksi semua rencanamu.

Rencana B akan menghiburmu karena kegagalan bukanlah akhir dari perjalanan masa depanmu.

5. Temukan sumber penguatan positif

Kita membutuhkan pengingat untuk merangsang kita dengan harapan tentang masa depan. Untungnya, ada banyak cara untuk diilhami, seperti mengakui keberhasilan kecil kita di sepanjang jalan dan mengingat saat-saat ketika kita mampu mengatasi hambatan.

Kamu juga dapat menemukan inspirasi dalam buku, musik, film, dan cerita orang lain. Temukan sumber motivasi unik kamu sendiri yang cocok untuk kamu, misalnya berada di lingkungan orang-orang yang memancarkan optimisme

TAG
Astrid
Indozone Media
Astrid

Astrid

Editor
Indozone Media

Indozone Life

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU