The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ingin Kerjakan Skripsi Tepat Waktu? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Lakukan
Ilustrasi mengerjakan skripsi. (Pexels/Pixabay)
Life

Ingin Kerjakan Skripsi Tepat Waktu? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Lakukan

Agar cepat lulus.

Senin, 02 November 2020 15:30 WIB 02 November 2020, 15:30 WIB

INDOZONE.ID - Sebagai seorang mahasiswa, saat memasuki tahun ketiga perkuliahan, kamu sudah harus mempersiapkan diri untuk mengerjakan skripsi agar bisa lulus tepat waktu. Sebab, semakin lama kamu menunda untuk mengerjakan skripsi, maka kamu akan semakin kesulitan untuk menyelesaikannya.

Banyak sekali mahasiswa yang merasa terbebani saat harus mengerjakan skripsi. Biasanya, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tingkat kesulitan skripsi yang tinggi hingga dosen pembimbing yang tidak bisa menjalankan perannya dengan baik.

Selain itu, ada faktor internal yang juga bisa menjadi penghambat bagi para mahasiswa, misalnya saja munculnya rasa malas atau rasa tidak percaya diri. Nah, agar bisa mengatasi hal tersebut, berikut adalah tips dan trik menyelesaikan skripsi tepat waktu.

1. Pilih Topik yang Benar-benar Kamu Inginkan

Cara cepat mengerjakan skripsi
Ilustrasi mengerjakan skripsi. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Kamu harus memilih topik yang benar-benar kamu inginkan untuk diteliti agar kamu bisa terus dibuat penasaran oleh penelitian tersebut. Proses penelitian skripsi biasanya menghabiskan banyak biaya, waktu, tenaga, dan pikiran. Jika kamu tidak menyukai topik skripsi milikmu, maka kamu akan ogah-ogahan saat mengerjakannya. 

2. Buat Jadwal dan Target

Cara cepat mengerjakan skripsi
Ilustrasi mengerjakan skripsi. (Pexels/Startup Stock Photos)

Banyak mahasiswa yang menunda pengerjaan skripsi karena skripsi itu sendiri tidak memiliki deadline. Kamu tak boleh terpengaruh dan harus membuang jauh-jauh pikiran tersebut. Buatlah jadwal dan target selama proses pengerjaan skripsi. Misalnya saja, menentukan waktu untuk menemui dosen pembimbing secara rutin dan membuat target tahapan-tahapan pengerjaan skripsi setiap minggunya. Dengan demikian, kamu akan lebih rajin dan tertib saat mengerjakan skripsi.

3. Jangan Tunda Revisi

Cara cepat mengerjakan skripsi
Ilustrasi mengerjakan skripsi. (Pexels/Breakingpic)

Pada proses pengerjaan skripsi, kamu mungkin akan mengalami revisi beberapa kali oleh dosen pembimbing. Setelah bimbingan, kamu harus langsung memperbaiki skripsi sesuai dengan arahan dosen pembimbing sebelumnya. Hal ini bisa membantu skripsi selesai lebih cepat karena kamu masih bisa mengingat dengan baik hal-hal apa saja yang dikatakan oleh dosen pembimbing dan mencegah revisi ulang pada pertemuan selanjutnya.

4. Selalu Luangkan Waktu Setiap Hari

Cara cepat mengerjakan skripsi
Ilustrasi mengerjakan skripsi. (PexelsAndrew Neel)

Di antara kesibukan sebagai mahasiswa dan manusia biasa, kamu harus selalu meluangkan waktu untuk mengerjakan skripsi setiap harinya. Paling tidak, kamu tidak menggunakan waktu luang untuk mengerjakan hal-hal lain yang tidak bermanfaat. Namun, jangan jadikan skripsi sebagai beban hingga membuatmu lupa makan dan tidur, ya. Bagi waktu sebaik mungkin agar tidak ada yang sia-sia.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US