The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

7 Hal yang Dapat Menigkatkan Kualitas Diri Jadi Lebih Baik, Terapkan!
Ilustrasi versi terbaik dari diri sendiri (freepik.com)
Life

7 Hal yang Dapat Menigkatkan Kualitas Diri Jadi Lebih Baik, Terapkan!

Self Improvement jadi sarana menggapai tujuan hidup

Selasa, 26 Juli 2022 17:08 WIB 26 Juli 2022, 17:08 WIB

INDOZONE.ID - Untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, hal pertama yang harus kita tingkatkan adalah kulaitas diri. Ini karena kehidupan yang kita inginkan, harus diikuti dengan adanya perkembangan dalam diri. 

Meningkatkan kualitas diri tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan disiplin yang kuat serta tujuan pasti agar usaha untuk meningkatkan kualitas diri yang dilakukan tidak akan sia-sia. 

Tak jarang, kebingungan juga menghampiri karena tidak tahu harus memulai dari mana untuk meningkatkan kualitas diri. 7 hal ini dapat kamu pelajari dan lakukan untuk menjadikan diri lebih baik dari versi sebelumnya. Simak yuk! 

1. Kenali diri lewat menulis 

Self Improvement
Ilustrasi journaling untuk mengenal diri sendiri (freepik.com)

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas diri adalah dengan mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Salah satu cara yang efektif untuk mengenali diri adalah dengan menulis. 

Menulis untuk mengenali diri sendiri disebut juga dengan journaling. Menurut University of Rochester Medical Center, journaling bermanfat untuk membantu kamu dalam memprioritaskan masalah, ketakutan, dan kekhawatiran yang dirasakan. 

Selain itu, menulis juga dapat menjadi sarana mengenali perasaan atau gejala apapun yang dialami setiap hari, sehingga kamu dapat mengenali pemicunya dan mempelajari cara untuk mengendalikannya dengan lebih baik. 

Di sisi lain, dengan menulis, kamu juga memberikan kesempatan untuk melakukan afirmasi positif terhadap diri sendiri dan mengidentifikasi pikiran ataupun perilaku negatif.

2. Kurangi pikiran negatif dengan meditasi singkat 

kualitas hidup
Meditasi singkat untuk menjadikan pikiran positif (freepik.com)

Pikiran negatif dapat meningkatkan stress dan kecemasan, yang juga berdampak pada fisik. Untuk meningkatkan kualitas diri, pikiran negatif ini mesti dikuragi. 

Salah satu cara terbaik untuk membersihkan pikiran dan membawa pikiran untuk tenang, serta positif adalah dengan melakukan meditasi. Tidak perlu berlama-lama, meditasi singkat juga dapat berpengaruh.

Lakukan meditasi ini selama 10 menit di pagi hari atau malam hari, duduk di tempat yang nyaman dan fokus pada pernapasan. Ini akan membuat pikiran lebih tenang dan membuat pikiran negatif pergi.

3. Baca buku untuk kenali banyak hal

kualitas diri
membaca buku untuk menambah wawasan (freepik.com)

Meningkatkan kualitas diri juga harus dibersamai dengan meningkatnya intelektual dan wawasan. Banyak hal yang bisa kamu pelajari di dunia ini, pilih satu yang bisa menghasilkan uang dan satu yang bisa membuat kamu bahagia jika semakin mengetahuinya. 

Membaca buku adalah salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan wawasan tersebut. Meskipun saat ini manusia sudah sangat dimudahkan dengan media online untuk mengakses apapun, namun, buku masih menjadi hal dasar yang dapat membuka wawasan secara lebih mendalam.

4. Perbaiki mood dengan berolahraga

memperbaiki mood
Olahraga untuk memperbaiki mood (freepik.com)

Memperbaiki mood juga dibutuhkan jika ingin meningkatkan kualitas diri. Ini dilakukan dengan cara berolahraga. Menurut National Institutes of Health (NIH) olahraga dapat meningkatkan kesehatan mental dan suasana hati, serta mengurangi risiko stres dan depresi. 

Hal tersebut dapat terjadi karena selama berolahraga tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood, dan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

5. Jadikan belajar hal yang menyenangkan 

cara meningkatkan kualitas diri
Bejalar dengan cara yang menyenangkan (freepik.com)

Dengan belajar, kamu turut mendukung peningkatan kualitas diri. Kamu bisa memulainya dengan mempelajari hal-hal akademis dan non-akademis yang kamu suka. Kamu bisa temukan metode yang pas untuk membuat belajar menjadi menyenangkan. Ini karena setiap orang memiliki metode berbeda dalam belajar. 

6. Konsisten dalam melakukan hal positif

cara meningkatkan kualitas hidup
Ilustrasi konsisten dalam melakukan hal yang meningkatkan kualitas diri (freepik.com)

Seluruh hal di atas yang dapat meningkatkan kualitas diri kamu, perlu dilakukan dengan cara konsisten dan disiplin. Ketika kamu konsisten dan disiplin dalam melakukan hal positif di atas, maka kehidupan akan berangsur membaik. 

Diperlukan pula adanya tujuan yang kuat untuk sukses sebagai motivasi kamu dalam menjalani segala hal yang dapat meningkatkan kualitas diri tersebut. Jadi, kamu dapat menikmati prosesnya dan ketika ingin bermalas-malasan, kamu akan ingat tujuan tersebut. 

7. Menjadi yang pertama bagi diri sendiri 

self love
Ilustrasi self love (freepik.com)

Penting untuk menjadi penolong diri sendiri disaat kamu merasakan hal pahit dan sulit. Ini berperngaruh pada peningkatan kualitas diri. Ketika kamu sudah bisa menjadikan diri kamu penolong pertama dan sahabat bagi diri sendiri, maka secara tidak langsung kamu sudah mencintai diri kamu. 

Tanda kualitas diri meningkat adalah dengan mengetahui bahwa kamu bisa menjadi sahabat bagi dirimu sendiri, dalam kondisi apapun dan dalam kekurangan yang dimiliki. 

Melakukan seluruh hal tersebut tentu tidak mudah. Konsisten menjadi kunci yang kuat untuk melakukan hal itu semua. Jadi, semangat ya! 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
JOIN US
JOIN US